Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Setelah melahirkan dan memiliki bayi, tubuh wanita akan mengalami perubahan. Masalah yang timbul setelah menjadi ibu diantaranya varises, pinggul membesar, kelebihan berat badan, bahkan kaki yang lebih besar.

Organ tubuh yang paling berpengaruh setelah seorang wanita melahirkan adalah daerah panggul. Bagian panggul bertanggung jawab saat membawa bayi selama hamil. Seringkali akibat kelelahan selama hamil, wanita mengalami inkontinensia.

Saat itulah, seorang wanita membutuhkan latihan senam Kegel seperti yang dikatakan pakar Dr. Arnold Kegel.

Latihan Kegel membantu memulihkan dan memperkuat otot-otot yang mengelilingi dan mendukung kandung kemih, rahim, rektum, dan uretra (otot panggul). Otot-otot ini dikenal sebagai otot pubococcygeal. Paska melahirkan, kegel mampu mencegah masalah kandung kemih wanita.

Latihan Kegel membantu Anda memperlambat atau menghentikan aliran air seni, serta otot-otot yang mencegah keluarnya gas.

Setelah faham otot-otot apa saja yang akan Anda latih selama melakukan kegel, berikut beberapa latihan gerakan Kegel.

  1. Berbaring dengan tangan di atas perut bagian bawah dan cobalah untuk tidak menggunakan atau menggerakkan perut Anda.
  2. Cobalah menarik otot panggul ke atas dan kemudian ke dalam dan tahan selama mungkin. Tahanlah posisi tubuh selama sepuluh detik.
  3. Perlahan-lahan lepaskan otot dan istirahat selama 10-20 detik.
  4. Tarik otot-otot panggul ke atas. Pada gerakan kedua ini, Anda sudah harus dapat merasakan otot-otot ‘ditarik’ ke atas.
  5. Ulangi gerakan sebanyak Anda bisa melakukannya.

Cara sederhana mengetahui apakah Anda sudah melakukan latihan secara akurat adalah dengan memasukkan salah satu jari Anda ke dalam organ intim (cuci tangan sebelum dan setelahnya).

Coba tekan otot-otot Anda. Jika merasakan otot-otot menegang di sekitar tempat yang Anda sentuh walaupun hanya sedikit, berarti latihan Anda sudah membuahkan hasil. Lakukan latihan secara berulang-ulang.

Setelah melakukan gerakan Kegel selama beberapa minggu hingga satu bulan, Anda akan semakin mudah mengatasi kandung kemih dan mengencangkan organ intim.

Kegel tidak memerlukan biaya dan peralatan dan bisa dilakukan dimana saja. Beberapa studi menunjukkan, melakukan senam Kegel menurunkan 75 persen kebutuhan operasi akibat inkontinensia stres. Gerakan Kegel selama masa kehamilan juga berfungsi memperkuat otot panggul, dan mempercepat pemulihan pasca-melahirkan.

sumber: Irina Damayanti, Anda Nurlaila, VIVAnews.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Badan Kurus Ingin Ber Otot, Ikuti 5 Cara Berikut
  2. Inilah 6 Manfaat Latihan Bela Diri untuk Anak
  3. Inilah Resiko BerOlah Raga Di Kota Penuh Polusi Seperti Jakarta
  4. Susah Tidur? Atasi Dengan Aerobik
  5. Yoga, Senam yang Ramah untuk Segala Usia
  6. Inilah 4 Keuntungan Olahraga Sore Hari
  7. 7 Gerakan Senam Mata Mempertajam Penglihatan
  8. Inilah 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Olah Raga
  9. Inilah 24 Atlet yang Berangkat ke Olimpiade 2008
  10. Hambat Kanker Prostat Dengan Buah Delima