Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pada hari Jumat kemarin, Toyota memperkenalkan stand-up motorized scooter atau biasa disebut dengan personal transporter yang akan diuji untuk keperluan komersil pada bulan September 2008. Alat transportasi yang disebut dengan “Winglet” ini siap bersaing dengan Segway yang sebelumnya sudah ada. Toyota berharap Winglet dapat menjadi alat transportasi populer kedepannya.

Toyota Perkenalkan “Winglet” Personal Transpoter

Winglet merupakan gabungan motor elektrik dengan dua roda dan sensor internal yang secara terus menerus memonitor posisi pengendara untuk memastikan keamanan dan kestabilan dalam melakukan perjalanan.
Scooter ini memungkinkan pengendaranya bergerak kedepan, kebelakang, dan berputar hanya dengan menggerakkan badan saja. Mekanisme yang disebut dengan “parallel link mechanism” Ini didesain Toyota untuk memudahkan berhenti dan berjalan hanya dengan sedikit gerakan tubuh.

Pengendara dapat berputar 360 derajat, dimana dapat dengan mudah melewati lonjakan di jalan. Selain itu, scoter ini berjalan dapat melaju dengan kecepatan 6 kilometer per jam.

Winglet rencanaya akan tersedia dengan tiga versi : small, medium, dan large. Scooter ini mempunyai panjang kurang lebih 26,4 centimeter, lebar 45,7 centimeter dan berat 10 kilogram. Untuk tingginya, bergantung dari versi yang ada, dimana versi Small (S) tingginya 46 centimeter, versi Medium (M) tingginya 67 centimeter, dan versi Large (L) tingginya 113 centimeter.

Winglet personal transpoter dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam tas (yang besar tentunya). Dan untuk bahan bakarnya, Winglet menggunakan baterei internal dengan lama charge-nya kurang lebih satu jam. Dalam kondisi battery penuh, Winglet dapat menempuh jarak lima kilometer.

Takeshi Uchiyamada, eksekutif Toyota mengungkapkan dalam konferensi persnya bahwa Toyota berharap membuat robot friendly yang dapat berdampingan dengan manusia. Dan, Winglet akan membantu siapa saja bergerak dengan aman dan tetap aktif.

Winglet yang dikembangkan divisi robotic Toyota ini, diharapkan kedepannya menggunakan teknologi wireless didalamnya yang memungkinkan pengendaranya mendapatkan informasi mengenai banyak hal, contohnya informasi belanja, saat mereka berkendara di mall dan area shopping. Selain itu, untuk melakukan re-charge, dapat dilakukan saat Winglet masih dalam kondisi berjalan.

Toyota sendiri akan memulai melakukan uji coba dengan menempatkan Winglet di Bandara Internasional Jepang di dekat Nagoya dan di resort Laguna Gamagori pada akhir tahun 2008. Dan akan di produksi secara missal pada tahun 2010.

Penulis : Arief Lukman
FTI – Universitas Atmajaya
sumber: beritanet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Awas! Garansi Mobil Lenyap karena Melanggar 9 Ketentuan
  2. Membersihkan Helm Dengan Cara Tepat
  3. Yang Harus Dilakukan Saat Membeli Mobil Bekas
  4. Daftar 30 Kendaraan Ramah Lingkungan
  5. Perawatan Khusus Mesin Motor 4 Tak
  6. Ferrari Palsu Jadi Bintang Pameran
  7. SUV Audi Seharga Rp 1,5 Miliar Diluncurkan di Indonesia
  8. Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia
  9. Integrasi Nokia N95 dengan Audio System Mobil Renault
  10. VentureOne: Kawin Silang, Mobil dan Motor