Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Tidak ada yang lebih menggembirakan selain melihat pasangan yang menikah dan bertahan hingga lanjut usia, karena hidup berumah tangga itu tidak mudah, bahkan ada yang berpisah walau sudah menjalaninya cukup lama.

Ternyata tidak hanya pengorbanan yang diperlukan untuk mempertahankan pernikahan, tetapi juga bagaimana menikmatinya. Berikut 10 rahasia pasangan yang sukses mempertahankan pernikahannya tetap langgeng.

1. Menikmati saat bersama satu sama lain. Entah itu saat menikmati secangkir kopi, berolahraga, dan aktivitas apa pun. Ringo Starr, yang menikahi Barbara lebih dari tiga dekade, mengatakan kalau rahasia langgengnya adalah sering menghabiskan waktu bersama-sama.

2. Bertengkar secara profesional. Kedengarannya agak janggal, tapi saat bertengkar atau berkonflik sering kali pasangan emosi tidak terkontrol. Sementara, sebaliknya jika kedua belah pihak menghadapinya dengan tenang dan rendah hati, tak ada konflik yang tak terselesaikan. University of California pernah meneliti dan menemukan bahwa pasangan yang langgeng kerap menggunakan kata “kita” dan “kami” daripada “saya” untuk menunjuk pada diri mereka. Ini juga bermanfaat saat pasangan memiliki konflik, mereka lebih punya rasa memiliki. Pengarang Benjamin Seider mengungkapkan hal yang sama.

3. Saling memaafkan. Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, dan memaafkan dengan sepenuh hati adalah cara yang penting dalam membuat hubungan tetap langgeng. Penulis Clarissa Pinkola Estes mengungkapkan bahwa memberi maaf, meski berat, merupakan salah satu cara untuk melangkah ke depan. Meminta maaf lebih dulu bukan berarti kalah.

4. Memegang teguh komitmen. Dalam pernikahan tidak boleh ada yang abu-abu. Jika sudah berkomitmen tidak ada kata “tapi”. Komitmen inilah yang membuat bertahan, dalam keadaan apa pun, mau kaya atau miskin, dan dalam keadaan sehat atau sakit.

5. Berpikir positif satu sama lain. John Gottman, PhD, pernah melakukan penelitian dan menemukan bahwa pasangan yang berbahagia dan langgeng adalah mereka yang saling berpikir positif, saling menghargai, penuh empati, serta memberi perhatian penuh satu sama lain. Berpikir positif terhadap pasangan menyingkirkan prasangka, dan itu membuat keadaan menjadi lebih baik.

6. Bertumbuh bersama. Pasangan yang sukses menjalani rumah tangga selama lebih dari 30 tahun mengungkapkan bahwa mereka punya satu cara agar tetap bersama. Di antaranya dengan menjalani studi master bersama. Menghadiri kelas, membuat tugas, serta melakukan banyak hal bersama. Ini makin mengeratkan hubungan, sekaligus menjadikan mereka produktif.

7. Tidak pernah berhenti berkencan. Jika saat pacaran selalu deg-degan saat kencan, setelah menikah biasanya waktu berdua ini jarang dimiliki. Namun, sebenarnya inilah salah satu kunci rahasia sukses agar tetap awet bersama pasangan. Sesibuk-sibuknya beraktivitas, selalu sempatkan waktu berdua. Tidak hanya menikmati makan malam, bisa juga dengan traveling bersama.

8. Saling menyenangkan satu sama lain. Dalam bukunya, The Real Rules of Life: Balancing Life’s Terms with Your Own, Ken Druck, PhD, menceritakan bagaimana seorang pria memberi kejutan kepada istrinya dengan hadiah program workshop. Hadiah ini membuat pasangannya berbahagia karena memperoleh kesempatan menyalurkan minat dan bakatnya.

9. Berpikir 60/40. Saat memutuskan hidup berdua, sebagian pasangan berpikir pembagian antara memberi dan menerima adalah sebesar 50/50. Mestinya tidak demikian, bayangkanlah Anda memberi 60, dan berharap menerima 40. Porsi ini memungkinkan untuk membuat pernikahan tetap awet.

10. Saling berbagi satu sama lain. Setiap orang itu unik dengan kelebihan dan kekurangannya. Kita tidak menikah dengan orang yang sempurna, tetapi menerima keadaannya untuk membuatnya sempurna. Saling melengkapi satu sama lain adalah kunci lainnya.

Sumber : Your Tango, kompas.com