Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Tak usah kaget bila tiba-tiba seorang teman mengaku bahwa ia tengah berselingkuh. Bukannya malu atau takut dicaci-maki orang lain sehingga menyimpannya dalam hati, perempuan ternyata lebih nyaman bila berbagi kebahagiaannya tersebut pada teman.

Faktanya, 43 persen perempuan yang selingkuh ternyata menceritakan perselingkuhannya tersebut kepada sahabat terdekatnya, dan 15 persennya menceritakan kepada lebih banyak teman, demikian hasil riset situs kencan IllicitEncounters.com. Lebih dari empat dari 10 perempuan yang terlibat affair mengakui bahwa mereka menceritakan pengalamannya itu pada setidaknya satu teman.

Pada pria, yang terjadi adalah sebaliknya. Tiga perempat dari pria yang selingkuh tak akan membicarakan masalah ini pada teman-temannya. Lucunya, pria cenderung dua kali lebih sering menceritakan hal tersebut kepada orang yang tak begitu dikenalnya. Hanya 6 persen pria selingkuh yang sharing pada sahabatnya, sementara 12 persennya mengaku akan mengutarakannya pada seseorang yang baru mereka temui.

Menurut pakar hubungan, perbedaan perilaku ini disebabkan pria tidak memercayai teman-temannya daripada perempuan, dan pada dasarnya pria memang sudah “diprogram” untuk tidak mengungkapkan apa pun yang bisa membuat posisi mereka lemah.

“Pendek kata, pria cenderung tidak mengungkap apa pun mengenai diri mereka, sedangkan perempuan itu suka bercerita, dan cenderung lebih memercayai teman-temannya,” kata Phillip Hodson, dari British Association of Counselling and Psychotherapy.

Menurutnya, pria cenderung tidak melakukan bonding dengan cara yang sama dengan perempuan. Mereka biasa sharing mengenai hal-hal yang umum, seperti apa yang mereka lakukan saat akhir pekan atau saat dugem. Mereka khawatir informasi mengenai perselingkuhan akan dijadikan senjata untuk melawan mereka. Pria cenderung kompetitif sehingga mereka khawatir teman yang dicurhati justru akan mengkhianati atau mengancamnya.

“Sebaliknya, perempuan senang bercerita dan berbagi. Mereka menyukai drama dari opera sabun, dan mereka percaya teman terbaik tak akan membocorkan rahasia tersebut,” lanjutnya.

Cara pandang terhadap orang asing juga berbeda pada pria dan wanita. Pada pria, orang asing lebih dipilih untuk dijadikan teman berbagi karena berpikir pasti tak akan bertemu lagi (jadi, tak ada risiko diadukan ke pasangan). Sedangkan perempuan justru berpikir sebaliknya: mana bisa memercayai orang yang tidak dikenal?

Dari riset juga diketahui, 77 persen pria tak akan menceritakan perselingkuhannya, dibandingkan dengan 28 persen wanita. Sebanyak 6 persen perempuan akan menceritakan hal tersebut pada anggota keluarganya, sementara pria yang melakukan hal ini kurang dari 1 persen.

Sumber: The Daily Mail, Editor: Dini, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Suami Anda Selingkuh? Tangkap Basah! Begini Caranya
  2. Inilah Tanda – Tanda Jatuh Cinta
  3. Kenali Musuh Dalam Selimut Berikut 15 Tandanya
  4. Inilah 5 Penyebab Utama Terjadinya Perselingkuhan
  5. 3 Pertanyaan Paling Dibenci Wanita
  6. Cara Gampang Menemukan Soulmate Anda
  7. Apakah Anda Berjodoh? Lihat Dari Cara Bicara
  8. 6 Tanda – Tanda Cinta Sejati
  9. Seperti Inikah Reaksi Pasangan Anda, Saat Anda Diketahui Hamil?
  10. Jangan Katakan 5 Kalimat Berikut Ke Wanita Yang Belum Mempunyai Anak