Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

KAFKA on the Shore menceritakan perjalanan Kafka Tamura dan seorang pria tua bernama Nakata. Pada babbab ganjil, diceritakan perjalanan Kafka, seorang anak laki-laki asal Tokyo yang memilih kabur dari rumah ketika berulang tahun ke-15.

Dalam perjalanannya,Kafka lantas memilih ”berlabuh” di Takamatsu. Di tempat itu, dia bertemu Oshima, seorang penjaga perpustakaan dan juga Nona Saeki, kepala perpustakaan tersebut. Di perpustakaan itu jugalah, Kafka menyadari sesuatu antara dia dan Nona Saeki. Hingga, ayahnya diberitakan tewas terbunuh di rumahnya.Kafka pun diburu dan Oshima menyembunyikannya di perpustakaan tersebut. Kafka memiliki alter ego bernama ”Gagak”.

Sementara, pada bab-bab genap,diceritakan kisah perjalanan Nakata, seorang tua yang memiliki kelainan jiwa sejak koma selama tiga pekan ketika dia masih sekolah. Sejak kejadian itu,Nakata kehilangan ingatan. Bahkan, dia tidak bisa membaca dan menulis. Namun, dia memiliki kemampuan untuk berbicara dengan kucing. Suatu saat, ia diminta mencarikan seekor kucing yang hilang. Namun, Nakata malah terbawa dalam sebuah petualangan yang membawanya ke Takamatsu. Kini kedua tokoh berada di Takamatsu. Di kota kecil itulah, banyak peristiwa terjadi.

Oshima harus mati-matian menyembunyikan Kafka dari kejaran polisi, sementara Kafka berat hati meninggalkan perpustakaan yang selama ini menjadi tempatnya berlindung sekaligus melepas rindu pada sosok Nona Saeki yang dia cintai sekaligus dia kira sebagai ibunya. Dua kisah ini mendominasi seluruh novel karangan Murakami yang dipublikasikan pada 2002 ini.

Dua tokoh utama dalam kisah ini,Kafka dan Nakata, tidak saling bertemu maupun saling mengenal. Namun satu pihak serasa mengenal pihak yang lain. Mimpi menjadi salah satu tema utama dalam novel ini. Kafka diceritakan sering mengalami mimpi-mimpi aneh yang justru berhubungan dengan kenyataan yang harus dia hadapi dalam hidup. Membaca novel ini tampaknya harus dibutuhkan konsentrasi besar.Sebab,bab ganjil dan genap menceritakan orang yang berbeda sehingga harus tetap fokus pada cerita.

Pembaca diharapkan mampu mengingat detail yang ada di tiap bab cerita karena akan selalu ada hubungannya ke halaman-halaman belakang, terlebih pada gerak-gerik Kafka dan Nakata. Murakami mampu menyusun sebuah kisah tentang sebuah hubungan antara dua manusia yang meninggalkan pertanyaan besar bagi pembacanya. (alviana hm) 

seputar-indonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 10+ Review Website Download dan Baca Online Manga dan Komik Gratis
  2. Alasan Kenapa Pria Suka “Jajan” Seks?
  3. Yang Dicari Pria Di Internet : Wanita Tua Dan Gendut
  4. Film-film Yang ‘Wajib’ Ditonton Tahun 2008
  5. Isi Buku Membongkar Gurita Cikeas Halaman 1 s/d 3
  6. Isi Buku Membongkar Gurita Cikeas Halaman 4 s/d 5
  7. Kunci Kakbah Dijual Seharga Rp166,4 Miliar