Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Indonesia, kini telah cukup siap untuk mengembangkan industri tekstil (nanotekstil) dan keramik (nanokeramik) yang berbasis teknologi nano sehingga sangat memungkinkan bagi industri tekstil dan keramik di Indonesia menjadi lebih unggul. Ketua Umum Masyarakat Nanoteknologi Indonesia, Dr. Nurul Taufiqu Rohman, mengungkapkan bahwa bahan tekstil berkarakter nanotekstil merupakan bahan pakaian yang unggul, sedangkan bahan keramik berkarakter nanokeramik tidak bisa kotor dan penampilannya lebih baik.

Menurut Nurul, material nano dalam bentuk bubuk, seperti ZnO yang berukuran nano atau satu per miliar meter, yang kemudian ditorehkan serat-serat fiber tekstil. Nanotekstil dan nanokeramik merupakan generasi pertama dalam nanoteknologi, yang lebih mengarah kepada pembuatan partikel nano, seperti pada kandungan kosmetik atau bedak anti sinar matahari atau minuman suplemen.

Sedangkan untuk teknologi assembling dari partikel nano merupakan generasi kedua dari nanoteknologi, seperti pada pembuatan monitor sehingga layar monitor menjadi lebih terang, kemudian pada chip computer, atau memori pada ponsel. Untuk generasi ketiga, nanoteknologi memiliki material nano dengan presisi yang sangat tinggi, seperti ketika membuat sistem yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia untuk membunuh sel kanker. Beberapa negara maju kini mulai mengembangkan nanoteknologi generasi ketiga ini dalam taraf riset dan pengembangan prototipe.

Sementara untuk generasi keempat, merupakan nanomolekuler atau rekayasa molekul yang dapat mengubah suatu benda ke bentuk lain, seperti mengubah kayu menjadi roti atau arang menjadi intan. Bahan kayu dan roti pada dasarnya sama, ada hydrogen, karbon, hydrogen dan sebagainya, sehingga tinggal memecah unsure dalam kayu dan disusun kembali sesuai dengan komposisi ketika membuat roti.

Nurul mengemukakan, bahwa pihaknya akan melakukan survey ke 30 industri dan membuat mapping roadshow-nya, berkaitan dengan prospek material dan teknologi nano di masa depan kelak.

sumber: beritanet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. ‘Nilai’ Seseorang Ada di Jam Tangan
  2. Tips Agar Sepatu High Heels / Hak Tinggi Nyaman Di Kaki
  3. Busana Muslim Nuansa Hijau
  4. Tips Memilih Baju Hamil
  5. Tips Memilih Jenis Pakaian, Sesuaikan Bentuk/Tipe Tubuh Anda
  6. Ketahui Tipe Pria Dari Celana Dalamnya
  7. Inilah 3 Tips Merawat Pakian : Mencuci, Mengeringkan, Menyetrika
  8. Inilah 11 Tips Tepat Membeli Bra
  9. 6 Tips Merawat Tas! Agar Tas Lama Tampil Seperti Baru Lagi
  10. Tips Memilih Busana Untuk Postur “Padat Merayap”