Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Wanita perokok berisiko mengalami menopause dini, setidaknya setahun lebih cepat dibandingkan wanita bukan perokok. Wanita perokok umumnya menopause di rentang usia 43-50 tahun. Sedangkan wanita bukan perokok cenderung menopause di rentang usia 46-51 tahun.

Kesimpulan didapat dari analisis sejumlah studi terdahulu yang melibatkan puluhan ribu wanita termasuk hasil survei terhadap 6.000 wanita di Amerika Serikat, Polandia, dan Turki.

Hasil studi yang dipublikasikan di Jurnal Menopause itu tak berhenti pada ancaman menopause dini. Sebab, menopause dini berkaitan dengan risiko tinggi mengembangkan gangguan kesehatan seperti osteoporosis dan masalah jantung.

Jennie Kline dari Mailman School of Public Health Universitas Kolombia, New York, mengatakan bahwa merokok kemungkinan besar memengaruhi tubuh wanita dalam mengontrol produksi estrogen. Rokok juga mengandung racun yang dapat merusak sel telur di dalam ovarium. “Ini mungkin yang memengaruhi menopause,” ujarnya.

Prediksi Menopause
Tim peneliti dari St Andrews, Glasgow, dan Edinburgh mengembangkan sebuah tes hormon yang dapat membantu wanita memprediksi waktu menopause. Tes dilakukan dengan melihat perubahan kimia seiring usia reproduksi perempuan. Perubahan kimia ini akan menjadi indikator untuk memperlihatkan jumlah telur yang tersisa di dalam ovarium.

Dengan tes tersebut, perempuan dapat membandingkan tingkat hormonnya dengan tingkat hormon rata-rata perempuan seusianya. Tak hanya bisa memprediksi waktu menopause, tes ini dapat mendeteksi kecenderungan menopause dini. Dengan demikian, perempuan lebih mudah untuk menghitung waktu terbaik memiliki anak.

sumber: VIVAnews


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kurus Bisa Redam Risiko Kanker
  2. Pengobatan Kanker Minim Risiko
  3. Manfaat Serat bagi Tubuh
  4. Inilah 5 Cara Diet Aneh Yang Ternyata Berhasil
  5. Turunkan Kolesterol Dengan Tomat
  6. Tips Pola Makan Sehat
  7. Obat Alami : Minyak Ketumbar Untuk Bunuh Bakteri Pemicu Sakit Perut
  8. Manfaat Fitokimia pada Sayur dan Buah
  9. Papsmear Masih Awam di Kalangan Perempuan Indonesia
  10. Anda Penderita Diabetes? Hindari 5 Makanan Berikut