Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

KEBANYAKAN dari Anda mungkin menyimpan satu botol cuka di dapur dan hanya menggunakannya sebagai bahan masakan. Tapi tahukan Anda bahwa cuka memiliki banyak manfaat lain yang terbilang tidak biasa, hemat, dan ramah lingkungan?

1. Melembutkan rambut
Ini mungkin terdengar aneh, tetapi menggunakan cuka sari apel sebagai bilasan setelah keramas benar-benar bisa membuat rambut mengilap dan lebih lembut. Tak hanya itu, cuka juga akan menyingkirkan sisa-sisa sampo dan dan menutup kutikula. Tambahkan saja setengah sendok makan cuka ke secangkir air ditambah beberapa tetes minyak esensial jika Anda suka. Tuangkan di bak dan kemudian gunakan sebagai bilasan. Memang, rambut mungkin akan berbau seperti olahan makanan untuk sementara, tapi tak lama kemudian bau akan menghilang.

2. Hapus noda ketiak di baju
Noda karena keringat, selain bisa benar-benar merusak pakaian, juga sulit dihilangkan dengan pembersih biasa. Semprotkan cuka putih pada noda sebelum mencuci dan noda akan hilang.

3. Melembutkan kain
Tambahkan 1/2 cangkir cuka putih saat mencuci. Ini tidak hanya akan mencegah benang menempel pada pakaian dan menjaga warna, tapi juga akan menyingkirkan sisa sabun dari pakaian yang Anda cuci atau di mesin cuci.

4. Menghalau semut
Menemukan barisan semut di sekitar rumah? Serangga yang cukup mengganggu ini ternyata tidak suka cuka. Maka itu, semprotkan campuran cuka putih dan air ditempat mereka berkumpul. Cuka juga menghapus jejak aroma yang digunakan semut untuk menunjukkan sumber makanan kepada teman-teman mereka.

5. Menyegarkan udara
Ada saja aroma tak sedap yang bisa muncul di rumah. Tak perlu membeli produk penyegar udara, asam asetat pada cuka mampu menyerap bau mampu menetralisasi bau. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengelap permukaan dalam ruangan supaya segar.

6. Menghapus noda sisa stiker
Ingin mengupas stiker di mobil atau label harga dari barang baru? Mudah saja, hangatkan saja sedikit cuka putih kemudian celupkan kain ke dalamnya. Oleskan di atas stiker secara menyeluruh dan akan terkelupas sendiri tanpa meninggalkan sisa lengket.

7. Membersihkan kuas cat
Lupa membersihkan kuas sehingga menjadi kaku dan keras? Jangan langsung dibuang. Isi panci dengan cuka putih murni dan didihkan di atas api sedang. Celupkan kuas ke dalamnya sampai cat luluh.

8. Melarutkan karat
Asam asetat dalam cuka bereaksi dengan oksida besi untuk menghilangkan karat dari barang logam kecil seperti engsel, mur, dan baut. Rebus benda-benda itu dalam panci penuh cuka lalu bilas dengan air untuk mencegah cuka memengaruhi logam.

9. Memperpanjang hidup bunga
Karangan bunga hidup untuk menghias ruangan memang tak akan lama bertahan. Mereka seringnya akan layu setelah hanya beberapa hari. Pertahankan kesegaran bunga lebih lama dengan menambahkan dua sendok makan cuka putih di vas.

10. Mengilapkan kaca, plastik, dan lantai
Campuran air dan cuka putih akan menghapus noda pada kaca dan membuat porselen bersinar. Campurkan sepertiga cuka putih dengan sepertiga alkohol dan 3 tetes cairan pencuci piring dan bersihkan keramik lantai, tapi pastikan tidak untuk lantai dari bahan marmer, granit, atau batu tulis.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Ramalan Bintang (Horoskop): Periode 28 Oktober-2 November 2008
  2. Kamu Terlahir Jadi Anak Tengah ? Inilah 5 Keunggulan Kamu
  3. Waw.. Inilah 20 Fakta Mengejutkan Restoran Mewah Inggris
  4. Inilah Peta Obesitas di Dunia
  5. 5 bad places for living
  6. Mau Wangi? Beli Parfum Ini Satu Botol Rp 2 M, Termahal di Dunia
  7. Chrometophobia – Ketakutan Terhadap Uang
  8. Hmm… Mau Mimpi Indah? Inilah 4 Tips Agar Mimpi Indah di Tidur Malam Anda
  9. Alat Perekam pada Mesin ATM (Teknologi Skimmer) Kasus Mandiri
  10. Parfum Dengan Bahan Urin, Berani Coba?