Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

KULINER Nusantara tak akan lepas dari menu bahari. Beberapa jenis hasil laut terkenal sebagai menu Nusantara, bahkan menjadi favorit masyarakat.

Makassar termasuk daerah yang identik dengan menu bahari alias seafood. Hampir tiap rumah makan di ibu kota Sulawesi Selatan ini menyajikan aneka hidangan laut.

Salah satu rumah makan yang turut menyajikan hidangan dengan tema seafood adalah Miramar. Meski memiliki konsep resto modern minimalis yang biasanya identik dengan sajian modern, semua menunya bertema Nusantara. Sebut saja sup talas kepala ikan, gurami goreng, cumi goreng, udang sambal petai, serta satu menu baru dan menjadi andalan, yakni soon hock steam hong kong.

Supervisor Restoran Miramar Yudhi Fathomi mengatakan, konsep menu yang diusung restoran baru di Makassar ini adalah Indonesian seafood. Kendati demikian, racikan menunya sudah berbaur dengan menu luar seperti dari China.

“Terdapat 72 macam menu khas Indonesia. Jadi tidak cuma khas Makassar, tapi ada pula Jawa, Sumatera, dan bercampur dengan menu Chinese karena kebetulan pangsa pasarnya ada orang-orang China juga,” papar Yudhi.

Satu menu yang cukup khas di Miramar Makassar dibandingkan dengan cabang lainnya di Pulau Jawa adalah kehadiran menu baru soon hock steam hong kong. Cita rasanya cukup khas karena menggunakan bumbu steam Hong Kong.

“Menu ini sedikit memiliki cita rasa jahe, jadi agak hangat. Ditambah lagi dengan paduan bumbu kecap dari Hong Kong yang khas. Banyak yang meminati. Ikannya pun ikan yang cukup khas, yakni soon hock,” jelas Yudhi.

Bahan ikan yang didatangkan dari Jakarta ini ternyata masih bisa diganti sesuai dengan selera pengunjung. Beberapa pengunjung lebih memilih ikan khas Makassar, seperti kerapu dan baronang.

Menurut cerita mantan chef di hotel berbintang ini, menu ikan soon hock jarang dijual. Beberapa restoran ternama menyediakannya, namun dengan harga yang cukup mahal. Satu porsi di restoran Miramar saja mencapai Rp80.000. Setelah merasakan cita rasanya, harga sekian rasanya pantas untuk memuaskan selera kuliner Anda.

Masih dari menu berbahan ikan, terdapat hidangan gurame goreng. Menu ini cukup jarang tersedia di rumah makan. Makanya, menu gurame goreng diperkenalkan kepada masyarakat Makassar. Apalagi modelnya dipercantik sedemikian rupa. Model ikan terbang. Rasanya yang gurih membuat menu tersebut cukup digemari. Menu lain yang juga menjadi favorit adalah sup talas kepala ikan.

Menu ini berkuah dengan rasa kaldu yang gurih. Satu yang khas, menu ini ditambah dengan talas. Bahan satu ini cukup jarang dijumpai. Talas hanya digemari di Pulau Jawa. Namun, dengan kehadiran menu tersebut yang diracik bersama ikan, cukup menggiurkan. Apalagi dari tampilannya yang berkuah kental, bisa menggugah selera makan ditambah dengan sepiring nasi putih.

Dua hasil laut lain yang diracik sedemikian rupa adalah udang dan cumi. Sajian cumi di restoran ini cukup sederhana. Namun, dari sisi cita rasa sangat nikmat. Cumi cukup digoreng dengan menggunakan bumbu istimewa ala restoran Miramar. Untuk membuatnya, cumi direndam atau di-marinate terlebih dulu dengan bumbu khusus, lalu digoreng. Ada lagi menu udang sambal petai. Tampilannya benarbenar menggugah selera makan karena cukup “menyala”. Kesegaran potongan udang diracik bersama petai yang segar. Dari sisi cita rasa, paduan pedas dan asam adalah kombinasi yang unik. Makanya, tidak salah jika menu tersebut sering dipesan pengunjung.

“Semua menu tersebut kami racik dengan bumbu khas Indonesia. Makanya, restoran ini terkenal sebagai Indonesian seafood. Apalagi sebagian besar adalah menu yang sesuai dengan selera masyarakat, yakni ada campuran rasa asam, pedas, dan gurih,” pungkas Yudhi.

sumber: okezone.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Resep Opor Kuning
  2. Tumis Ayam Genjer Tauco
  3. Download PCMAV 1.5 Update Build3
  4. Ayam Panggang Peterseli
  5. Soto Babat
  6. Ikan Goreng Garing
  7. Ayam Goreng Kremes
  8. Cara Deposit dan Withdrawl, Trading Forex Di Marketiva
  9. Lumpia Udang Kepiting
  10. Ikan Kari Merah