Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Sebuah pesawat Hercules C-130 buatan tahun 1964 jatuh di pemukiman penduduk di Medan dan menimbulkan korban. Berikut berbagai fakta soal pesawat angkut militer ini yang dikutip dari berbagai sumber.

– Pesawat C-130 Hercules adalah pesawat transportasi militer empat mesin turboprop yang didesain dan diproduksi oleh Lockheed Martin, perusahaan pesawat yang berbasis di Amerika Serikat.

– Pesawat ini dikenal serba guna. Pernah digunakan untuk kepentingan penelitian ilmiah, misi penyelamatan, serangan udara, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar, patroli maritim dan sebagainya. Banyak satuan militer di seluruh dunia mengandalkannya.

– Diterbangkan pertama kali pada 23 Agustus 1954, kini ada sekitar 40 model dan varian Hercules telah diproduksi dan dipakai oleh lebih dari 60 negara.

– Produksi pesawat tersebut diinisiasi militer AS pada tahun 1951. Prototipe pertama diluncurkan pada tahun 1954 dan produksinya dilakukan pada tahun 1955.

– Lebih dari 2.300 pesawat Hercules telah diproduksi sampai saat ini dengan biaya pembuatan bervariasi, sekitar USD 30,1 juta per unit untuk jenis C-130H.

– Hercules C-130 tercatat sebagai salah satu pesawat dengan masa produksi terpanjang. Dari tahun 1954 sampai saat ini, pesawat itu terus diproduksi, tentunya dengan berbagai pembaharuan untuk generasi barunya.

– Jumlah kecelakaan Hercules C-130 terhitung rendah. Angkatan Udara Inggris, Royal Air Force mencatat kalau kecelakaan rata-rata terjadi sekali dalam 250 ribu jam penerbangan dalam 40 tahun terakhir.

– Sebanyak 70 pesawat Hercules C-130 yang dioperasikan militer AS rusak dalam perang melawan Vietnam.

– Salah satu insiden terkenal adalah Presiden Pakistan, Jenderal Zia ul Haq tewas bersama duta besar AS untuk Pakistan, Arnold Lewis Raphel, dalam penerbangan pada tahun 1988. Pesawat Hercules C-130 yang dioperasikan militer Pakistan mengalami kecelakaan fatal.

– Pengguna utama pesawat ini adalah United States Air Force, United States Marine Corps, Royal Air Force dan Royal Canadian Air Force.

– Kehandalan Hercules C-130 terutama karena ia bisa membawa barang sampai 20 ton dan dapat mendarat di landasan buruk sekalipun.

– Pesawat Hercules yang jatuh di Medan adalah pesawat tipe B yang dikatakan bisa terbang dalam segala cuaca dan masih dalam kondisi baik.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 10 Wanita Biasa Yang Di Nikahi Pangeran!!
  2. Inilah 7 Tanda Kalau Anda “Master” Ciuman
  3. Inilah 5 Kota di Indonesia Penghasil Wanita Cantik
  4. Rumah di Tengah Laut Berusia 103 Tahun
  5. Mau Tahu 10 Fakta Menarik Tubuh Pria ? Baca Disini
  6. Kenapa Manusia Bisa Merinding?
  7. Inilah 5 Tanda Wanita Berpayudara Palsu
  8. Kenali Tanda saat Makanan Kadaluarsa, Berikut : Daging, Ayam, Telur
  9. Inilah 6 Mitos Seks yang Konyol
  10. Einstein Ilmuwan Paling Aneh