Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Ketakutan, kengerian, rasa takjub, atau kedinginan bisa membuat tubuh merinding. Reaksi tubuh ini biasanya ditandai dengan kontraksi otot-otot kecil di sekitar pori-pori sehingga membuat bulu-bulu halus di kulit menegang.

Seperti dikutip Huffington Post, merinding adalah reaksi fisiologis yang terjadi akibat pelepasan hormon adrenalin. Kondisi ini terjadi spontan dan tak terkontrol, sama seperti ketika muka memerah karena malu, atau tubuh berkeringat karena panik.

Kondisi ini biasanya mereda dengan sendirinya seiring kemampuan tubuh beradaptasi dengan lingkungan.

Saat udara dingin menerpa, tubuh merinding sebagai reaksi spontan untuk menghangatkan tubuh. Merinding berkaitan dengan reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Itulah mengapa saat udara dingin, otot di sekitar pori berkontraksi sebagai reaksi spontan menghangatkan tubuh.

Sama seperti ketika merasakan bahaya mengancam. Tubuh akan merangsang pelepasan hormon adrenalin yang memicu peningkatan aliran darah ke otot-otot di sekitar pori-pori. Reaksi ini segera pulih setelah tubuh merasa aman kembali.

Sementara reaksi emosional, seperti ketakutan atau rasa takjub, memicu piloerection yang cukup kompleks sebagai bagian dari mekanisme pertahanan diri.

sumber: VIVAnews


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 5 Fakta dan Mitos Seputar Payudara
  2. Ternyata Design Payung Selama Ini Salah! Ini Yang Benar
  3. Huruf Depan Nama Anda Mencerminkan Karakter Seks Anda!
  4. Ada Emas dalam Ponsel dan SIM Card!
  5. Thomas Alva Edison
  6. Einstein Ilmuwan Paling Aneh
  7. 4 Hal Yang Dirindukan Oleh Wanita Menikah
  8. Kenapa Kancing Kemeja Pria dan Wanita Berbeda Sisi?
  9. Inilah Alasan Perempuan Ingin Perbesar Payudara
  10. Arti Mimpi, Inilah Ramalan Mimpi Buruk Anda