Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Punya bibir segar, lembut, dan cantik tentu tak masalah mengoleskan lipstik jenis apa pun. Namun, bagaimana dengan bibir bermasalah alias tak terawat? Nah, agar tak salah memperlakukan bibir, ada baiknya, kenali dulu mitos dan fakta seputar bibir di bawah ini.

* Mitos: Lipstik untuk perawatan atau dikenal dengan produk lip care (lip balm, lip conditioner, lip defense) beraroma buah atau permen dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.
* Fakta: Aroma dihasilkan oleh kandungan fragrance atau flavour (perasa atau pewangi) sebagai unsur tambahan. Bila cukup mengandung pelembab (vitamin E) dan UV protection (tabir surya), produk ini relatif aman digunakan.

* Mitos: Terlalu sering menggunakan lipstik matte dapat menyebabkan bibir kering.
* Fakta: Bibir tidak memiliki kelejar lemak, namun banyak mengandung melanin atau zat pigmen yang peka terhadap sinar matahari. Umumnya lipstik matte hanya sedikit mengandung minyak pada bahan pelarutnya, bahkan tidak mengandung air. Jadi, penggunaan yang terlalu sering, rentan menyebabkan bibir tak terlindung dan menjadi kering.

* Mitos: Kebiasaan membasahi atau menjilati bibir membuat bibir senantiasa lembab.
* Fakta: Air liur yang mengandung kelenjar dan enzim tertentu justru dapat mengiritasi kulit terluar bibir yang tipis. Akibatnya, bibir justru akan bertambah kering.

* Mitos: Menambah olesan lipstik secara berulang, selain hemat, juga praktis.
* Fakta: Sebaiknya bibir dibersihkan terlebih dahulu sebelum memoles lipstik yang baru, terlebih jika rentang waktunya cukup lama. Mungkin saja, olesan awal tadi sudah tercemar di udara, bercampur debu bahkan sisa makanan yang menempel di bibir. Hal ini menyebabkan timbunan bakteri yang juga dapat mencermari stik lipstik Anda.

* Mitos: Mengoleskan madu sebelum tidur menjadikan bibir tambah lembab dan sehat.
* Fakta: Dari generasi ke generasi, banyak wanita yang memercayakan perawatan bibir mereka dengan madu lebah murni. Cairan madu mengandung kadar gula murni yang dapat memberikan nutrisi pada bibir dan menggantikan fungsi lip balm yang melembabkan. Apalagi jika Anda berada di tempat bersuhu dingin atau panas. Cara lain, masker parutan buah alpukat, lidah buaya atau wortel dapat dibubuhkan minimal dua kali seminggu.

* Mitos: Warna lipstik yang baik adalah yang sesuai warna kulit dan pakaian yang dikenakan.
* Fakta: Berganti warna lipstik atau menyesuaikan dengan busana, semata untuk memberi kesan beda dan serasi pada penampilan Anda. Rajin memadukan banyak warna dapat melatih kepekaan menemukan warna lipstik yang paling cocok untuk bibir Anda.

* Mitos: Membersihkan bibir dengan facial scrub, masker wajah atau produk peeling lainnya, selain mengangkat sel kulit mati, juga praktis dikenakan saat membersihkan muka.
* Fakta: Produk pembersih wajah mengandung zat pembersih aktif, cairan busa yang kuat serta butiran scrub yang lebih besar dan kasar. Ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit bibir yang halus. Jadi, gunakan hanya lip scrub khusus bibir.

sumber: Eveline Sibarani – kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 4 Fenomena Aneh Saat Anda Bermimpi
  2. Tolong Dibagikan : Download Kalender Bela Islam 212 2017
  3. 14 Perilaku Buruk Lelaki
  4. 10 Tuntutan Perkara yang Paling Menggelikan di Dunia
  5. Inila Rahasia Paranormal atau Trik Paranormal
  6. Inilah 8 Fakta Unik Tentang Ciuman, Yang Belum Anda Ketahui
  7. Inilah 5 Tempat Belanja Di Hongkong
  8. Berburu Panti Pijat Plus – Plus di Jakarta
  9. 24 Rekor Dunia yang sampai saat ini masih dipegang Indonesia
  10. 7 Fakta Dibalik Label Makanan