Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

MELAKUKAN perjalanan udara dengan anak-anak tentu merupakan hal yang melelahkan, terlebih dengan penuhnya bandara, ketatnya pemeriksaan keamanan, dan tambahan biaya, tentu akan membuat Anda lebih repot .

Berikut ada beberapa tips untuk mempermudah perjalanan Anda dengan anak-anak, mulai dari tahap pemeriksaan keamanan hingga mendarat di tempat tujuan.

1. Check-In
Saat memilih penerbangan, usahakan memesan perjalanan nonstop. Anak-anak biasanya akan tidur selama perjalanan sehingga Anda tak perlu membangukan mereka. Lakukan pesanan sesegera mungkin untuk mendapatkan tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar agar bisa cepat turun atau dekat dengan toilet yang memiliki ruang agak luas agar Anda tak repot bila harus berdiri menggendong bayi.

2. Stroller
Supaya barang bawaan Anda tidak bertambah berat karena stroller, bawalah stroller yang lebih ringan dan ringkas, seperti jenis umbrella stroller yang harganya lebih murah dan mudah untuk dilipat.

3. Keamanan
Pihak keamanan bandara akan memperbolehkan Anda membawa makanan untuk bayi tetapi bawalah makanan bayi yang diperlukan serta persediaan guna menjaga-jaga bila ada penundaan jam penerbangan. Beri tahukan juga kepada petugas apa saja jenis makanan bayi yang Anda bawa supaya mereka tak terlalu terburu-buru dan ceroboh saat menggeledah tas Anda.

Aturan penerbangan internasional membatasi penumpang membawa cairan tidak boleh lebih 3 ons atau sekitar 90 mililiter. Jika ASI atau susu formula yang Anda bawa melebihi jumlah itu, laporkanlah terlebih dahulu ke petugas pabean.

Sementara menurut aturan maskapai nasional tentang Penanganan Cairan, Aerosol dan Gel (liquid, aerosol, gel) yang dibawa penumpang ke dalam kabin pesawat udara pada penerbangan internasional, obat-obatan medis, makanan/minuman/susu bayi dan makanan/minuman penumpang untuk program diet khusus tidak diperlakukan seperti membawa cairan, aerosol dan gel (harus dimasukkan ke satu kantong plastik transparan ukuran 30 cm x 40 cm dengan kapasitas cairan maksimum 1.000 ml atau 1 liter dan disegel).

4. Lepas landas
Pesanlah tempat duduk di barisan depan. Jika Anda pasangan dengan satu anak, Anda dapat menaruh anak anda di deretan tengah. Untuk anak di bawah dua tahun, Anda juga bisa mendapat potongan harga.

5. Kebutuhan dasar
Makanan ringan, mainan, dan selimut adalah kebutuhan dasar anak-anak dalam perjalanan. Bila memungkinkan, pilihlah penerbangan yang menyediakan televisi di setiap bangkunya agar anak-anak dapat tenang menonton. Bila tak mungkin, bawalah DVD portabel atau videogame.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 4 Makanan Yang Tidak Baik untuk Bayi
  2. Inilah 4 Tips Agar Anak Tidak Manja
  3. Inilah Persiapan Penting Sebelum Jalani Proses Bayi Tabung
  4. Sekitar 80 Persen Kulit Bayi di Indonesia Bermasalah
  5. Cara Mengobati Penyakit Jantung Bawaan Anak Tanpa Operasi
  6. Bukan ML Saja, Menyusui Juga ada Empat Posisi Pilihan
  7. Inilah 10 Persiapan Jelang Melahirkan Agar Ibu Tenang
  8. Inilah 10 Cara Membesarkan Anak Sehat
  9. Hindari 6 Makanan Berikut Saat Anda Menyusui
  10. Bakteri Penyebab Kematian Tiba-tiba pada Bayi