Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

DUNIA belanja online terus berkembang. Jika Anda sering melakukan pembelian online di eBay, Walgreens, iTunes atau Dell tentunya harus membuka rekening PayPal untuk melakukan pembayaran. Namun terkadang ada sistem penjualan pihak ketiga yang tidak terhubung dengan situs utama.

Nah, untuk menciptakan keamanan dan perlindungan informasi online perhatikan petunjuk berikut ini:

1. Enkripsi URL
Cara jelas mengidentifikasi situs yang aman adalah mencari URL dalam format https. Tambahan huruf S tersebut menunjukkan transmisi digital dari situs yang sedang dienkripsi.

2. Logo atau stempel
Logo penyedia keamanan seperti VeriSign dan McAfee menunjukkan kalau sebuah situs dilindungi oleh perusahaan keamanan tertentu. Verifikasi legitimasi segel dengan mengklik di atas link yang membawa Anda ke laman verifikasi keamanan layanan.

3. Bar hijau
Warna hijau pada address bar menunjukkan situs telah diperiksa keabsahannya. Dan bukan merupakan situs phishing. Tampilan ini akan terlihat di situs e-commerce dan situs bank.

Versi terbaru dari browser utamanya menggunakan warna hijau sebagai cara memperlihatkan adanya lapisan keamanan yang dikenal sebagau sertifikat SSL validasi diperpanjang.

4. Malware
Tak satu pun dari enkripsi mampu mengatasi malware keylogger yang terinfeksi. Bentuk penipuan ini biasanya mengunduh perangkat lunak tanpa izin dan menangkap keystrokes di layar lalu mengirimkannya ke hacker.

Salah satu pertahanan yang bisa dilakukan adalah menggunakan perangkat lunak keamanan yang berkualitas dan teratur menginstal semua update.

5. Piranti lunak manajemen sandi
Simpan login dan personal data yang digunakan dalan format web yang dienkripsi di komputer menggunakan software manajemen sandi.Anda kemudian aman memasukkan data sensitif ke situs tanpa mengetik ulang.

6. Gunakan kartu debit sebagai kartu kredit
Kartu debit sedikit berisiko karena transaksinya menarik uang langsung dari rekening Anda. Electronic Fund Transfer Act memberikan perlindungan dari kewajiban tetapi tingkat perlindungan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

7. Layanan pembayaran
PayPal, Google Checkout dan BillMeLater menawarkan beberapa pengamanan tambahan untuk mempercayakan informasi akun sensitif Anda. Hal ini sangat berguna saat Anda sering membeli barang online di eBay, Etsy.com atau merchant-merchant lainnya.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pengertian Uptime pada Web Hosting
  2. Plugin WordPress : Subscribe to Comments
  3. Cara “hack” facebook. Membekukan/Freeze, Melihat Foto Private Profile/Bukan Teman
  4. Internet Kantor Anda Di Filter, “Hack” Dengan Cara Berikut
  5. Google AdSense ?
  6. Bisnis Online Sangat Menjanjikan, Berikut Tips Suksenya
  7. Cara Mencari File Mp3, Video, Lirik di Facebook dan Mendownloadnya
  8. 7 Langkah Menghentikan Banjir Virus Shortcut
  9. Jalan-jalan ke Disneyland di Orlando, Amerika lewat Google Earth
  10. Nike F. Andaru : Hobi Nge Blog Berubah Menjadi Rezeki