Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Symantec berkenan membagi delapan langkah jitu untuk menghindari spam dan program jahat yang menyebar lewat e-mail. Apa saja langkah-langkahnya?

Ronnie Ng, Manager Systems Engineering Symantec untuk wilayah Singapura dan Indonesia berbagi delapan langkah yang diyakininya bisa membantu pengguna dalam melawan penyebaran program jahat dan spam.

  1. Gunakan produk keamanan e-mail. Gunakan produk yang mampu melindungi jaringan dari spam dan virus namun di saat yang sama masih memungkinkan e-mail yang sah untuk lewat. Norton 360 versi 2.0 adalah yang terbaru dari Symantec untuk solusi keamanan all-in-one.
  2. Gunakan filter spam. Setelah menerapkan piranti lunak keamanan, aturlah filter yang dibutuhkan. Cara mudah untuk memulanya adalah dengan memfilter alamat tujuan e-mail masuk (kolom To:). Biasanya spam dikirimkan tidak ke alamat Anda secara personal, sehingga Anda bisa memfilter semua e-mail yang tidak ditujukan pada alamat Anda. Selanjutnya, jika ada e-mail sah yang terfilter, atur kembali filter agar meloloskan alamat-alamat tertentu.
  3. Pelajari cara e-mail yang aman. Curigai e-mail yang masuk, jangan isi form dalam e-mail yang meminta detil informasi pribadi atau keuangan atau password. Ingatlah bahwa perusahaan tidak akan pernah menanyakan informasi semacam itu melalui e-mail.
  4. Abaikan Spam. Jangan menjawab e-mail spam yang masuk, ini hanya akan memancing lebih banyak spam. Begitu juga dengan mengklik link dalam e-mail spam, termasuk yang menjanjikan akan menghapus Anda dari daftar pengiriman e-mailnya. Hapus e-mail yang mencurigakan tanpa membacanya.
  5. Hati-hati dengan trik baru. Banyak trik-trik rekayasa sosial yang kerap membuat pengguna terjebak, apakah dengan tipuan atau dengan upaya membuai pengguna.
  6. Gunakan beberapa alamat e-mail. Satu untuk penggunaan pribadi yang hanya diketahui keluarga, teman dan rekan sejawat. Alamat lainnya digunakan untuk milis. Dan satu lagi untuk pertanyaan atau pemesanan online.
  7. Hati-hati menabur alamat e-mail Anda. Jangan sampai e-mail Anda diketahui pihak lain hanya karena Anda menyebarkan alamat e-mail itu di situs yang bisa dilihat oleh masyarakat umum.
  8. Jangan memforward. Suka memforward e-mail berantai, lelucon atau macam-macam jenis e-mail lainnya? Menurut Ronnie hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena mengganggu dan bisa menghambat lalu-lintas e-mail dan jaringan Anda. Anggap e-mail semacam itu sebagai spam.

sumber: detikinet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Yahoo! Luncurkan Yahoo! Go 3.0 Dalam Bahasa Indonesia
  2. Lagi, Facebook ‘Dihantam’ Virus Berbahaya
  3. Cara Mengatasi Public Service Ads (PSA) Google Adsense, Cara Manaikkan Income Blog Anda!
  4. Free Download PCMAV RC 26 (Final Release 1.1)
  5. Gabung Yuk di Blog Competition, Total Hadiah Rp 12 Juta!
  6. Inilah Jenis Kejahatan Internet
  7. Bagaimana mengetes web site/blog anda?
  8. Memanen Uang dengan Blog yang Berkilauan
  9. Buka Rekening Bank Amerika di Accent Banking
  10. AdSensenya Indonesia, Untuk Blog Berbahasa Indonesia