Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Untuk menunjang pemberian air susu ibu (ASI) ekslusif, perawatan payudara perlu mendapatkan perhatian serius. Payudara yang sehat dan terawat baik, mampu melancarkan produksi ASI. Hal ini membuat proses pemberian ASI menjadi lebih mudah baik bagi ibu maupun bayi.

Berikut cara merawat payudara ibu menyusui, di kutip dari buku “Panduan Pintar Merawat Bayi & Balita” yang ditulis oleh dr. Eveline PN SpA. dan Nanang Jamaludin.

  1. Gunakan bra yang mampu menyerap keringat, menyangga payudara dengan baik dan tidak terlalu sempit. Pilihlah bra yang “berjendela” atau khusus untuk ibu menyusui. Hal ini untuk mempermudah dan membuat Anda lebih nyaman saat memberikan ASI.
  2. Bersihkan kedua puting Anda dengan air hangat setiap habis mandi. Hindari bagian puting terkena sabun mandi sebab dapat membuatnya kering. Tidak hanya itu, lapisan puting juga bisa terkelupas dan menimbulkan rasa nyeri saat menyusui.
  3. Jika terjadi luka atau lecet pada puting, oleskan ASI di sekitar puting.
  4. Jika Anda merasa kurang percaya diri dengan puting yang melesak ke dalam, cobalah gunakan alat penarik puting (nipple corecctor). Namun, alat ini mungkin tidak dapat membuat puting menonjol dalam waktu sekejap. Perlu bermingu-minggu melakukannya dengan sabar. Jika perlu, mintalah saran dokter tentang penggunaan alat tersebut.

sumber: Finalia Kodrati, Mutia Nugraheni, VIVAnews.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tipe Yang Manakah Anda? Inilah 7 Tipe Ibu Hamil
  2. Cara Cepat Hamil, Lakukan 3 Cara Diet Berikut
  3. Cara Mencegah Kaki Bengkak Saat Hamil
  4. Gizi Penting Ibu Hamil
  5. Janin 12 Minggu “Berjalan” Dalam Rahim Ibu
  6. Solusi Kaki Bengkak Saat Hamil
  7. Inilah Jenis Makanan Yang Mempengaruhi Janin Anda
  8. Menghitung Kehamilan
  9. 4 Hal Berikut Sangat Menentukan Keberhasilan Program Hamil