Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Anda ingin tetap cantik selama hamil tapi tidak semua alat perawatan kecantikan aman digunakan agar anda tidak menyesal kemudian. Apalagi perempuan hamil yang juga bekerja di luar rumah, penampilan tetap harus dijaga. Bukan saja dengan memilih dan mengenakan baju-baju hamil yang semakin beragam corak atau modenya juga dengan perawatan tubuh agar tetap cantik dan tampil menarik.

Memang kehamilan selalu diikuti dengan gejala-gejala tertentu. Bukan saja perut yang membesar dan berat badan yang ‘membengkak’ tapi juga perubahan-perubahan pada kulit baik pada kulit muka maupun punggung, perut dan paha.

Rambut di kepala mudah kotor akibat banyaknya keringat. Sebab pada masa kehamilan, metabolisme meningkat dan menyebabkan tubuh mudah berkeringat terutama pada bagian-bagian tertentu. Kulit mudah iritasi dan mudah luka belum lagi jika muncul bercak-bercak merah pada permukaan kulit. Mungkin tidak mengganggu tapi cukup meresahkan juga karena jelas akan mempengaruhi penampilan.

Gejala yang diakibatkan oleh kehamilan ini yang mendorong perempuan hamil rajin merawat tubuh. Apalagi gejalanya timbul di daerah vagina atau bagian dalam seperti keputihan, varises, sembelit dan wasir yang diatasi harus dengan konsultasi dokter atau minum obat. Untuk mencegahnya akibat kehamilan maka salah satu jalan adalah dengan merawat tubuh anda selama masa kehamilan. Jadi perawatan tubuh bukan hanya penting untuk bisa tampil cantik di waktu hamil tapi juga upaya untuk menjaga kesehatan.

Menurut Dr. Hasnah Siregar, SpOG, perawatan tubuh di waktu hamil memang perlu, tapi ingat jangan memakai alat-alat kecantikan yang berbahan kimia. “Ketika seorang perempuan hamil, metabolismenya akan meningkat sehingga mudah berkeringat, iritasi, terkena luka, terinfeksi dan alergi,” kata Hasnah.

Terkadang sering perempuan hamil juga mengalami keputihan padahal sebelumnya tidak. Hal tersebutkan karena ketahanan tubuh perempuan hamil menurun sehingga akan mengkhawatirkan bila anda menggunakan alat kecantikan yang terbuat dari bahan kimia dan akan membahayakan janin. Apalagi saat kehamilan sampai lima bulan, dimana saat itu tengah terjadi pembentukan organ-organ tubuh janin dalam kandungan. Jangan sampai pembentukannya terganggu akibat obat-obat kimia tersebut.

Karena memang sebagian besar kosmetik dan alat kecantikan terbuat dari bahan-bahan kimia, pengawet dan pewarna kimia sehingga harus diwaspadai penggunaannya. Jika memang perlu anda bisa gunakan kosmetik atau alat-alat kecantikan yang terbuat dari bahan alami. Saat kehamilan masih di bawah 5 bulan jangan sampai ada yang salah dalam masa pembentukan organ-organ tubuh janin.

Hindarilah pemakaian kosmetik yang sifatnya teratogenik yaitu kosmetik yang mengandung zat kimia yang bisa menimbulkan cacat pada janin. Seperti obat-obatan yang mengandung merkuri dan timah hitam. Walaupun pemakaiannya hanya dioleskan di luar kulit dan tidak diminum tetap saja tidak boleh karena nantinya juga akan diserap melalui pori-pori kulit. Efeknya akan mempengaruhi perkembangan janin.

Sebaiknya anda menahan dulu pemakaian kosmetik yang menggunakan bahan kimia selama kehamilan sampai melahirkan. Jangan sampai hanya karena anda ingin cantik tapi malah membuat ‘masalah baru’ bagi si janin. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Treatment For Hair
  2. Inilah Lumpur – Lumpur Yang Berkhasiat
  3. Rawatlah Alat Tata Rambut Anda
  4. Kulit Berminyak…No Way
  5. Riasan Glitter di Hari Ibu
  6. Ekspress Treatment for Hands
  7. Sehat dengan Hair Aroma Therapy
  8. Langkah Hadapi Bad Hair Day
  9. Perlindungan untuk Wajah Anda, part 1
  10. Rambut Lebih Mengembang