Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Munculnya aneka jenis pelembab dengan berbagai fungsi seperti jamur di musim penghujan membuat konsumen tambah bingung. Berbagai jenis pelembap ada di pasaran, dan satu sama lainnya memiliki fungsi yang berbeda. Tidak heran jika banyak konsumen yang bingung. Simak beberapa pertanyaan yang sangat awam dan camkan jawabannya agar anda tidak merasa bingung lagi untuk memiliki kulit halus, segar dan sehat.

Bolehkah menggunakan pelembap pagi hari atau daycream sebelum tidur malam, atau sebaliknya ? Jika tujuan anda hanya melembapkan wajah, sebenarnya pelembap pagi hari boleh saja digunakan di malam hari sebelum tidur. Tetapi cermati agar pelembap tersebut tidak mengandung tabir surya karena bahan kimianya dapat menimbulkan iritasi jika menempel pada wajah terlalu lama. Dimalam hari jika anda menggunakan lotion peluruh kulit mati seperti retinol, glycolic acid, AHA, maka bahan-bahan ini jika dipadu dengan kandungan kimia tabir surya akan sangat berpotensi untuk menimbulkan iritasi kulit.

Menggunakan pelembap malam di pagi hari juga sebenarnya tidak masalah, hanya saja krim malam tidak mengandung tabir surya yang diperlukan di pagi atau siang hari. Umumnya pelembap malam teksturnya lebih berat sehingga mungkin akan terasa berminyak jika digunakan untuk beraktivitas.

Apakah pelembap yang terbuat dari bahan-bahan alami selalu lebih baik dan lebih aman untuk kulit ? Belum tentu, karena beberapa tanaman yang mengandung racun pun termasuk sebagai bahan alami. Juga reaksi alergi pada kulit dapat terjadi pada tiap bahan baik bahan alami maupun bahan kimia. Jika kulit anda termasuk dalam golongan peka atau sensitif maka hindari produk dengan kandungan bahan alami yang berpotensi untuk menimbulkan iritasi seperti minyak esensial murni, tea tree oil serta ekstrak birch bark. Sebaiknya coba gunakan produk dengan kandungan bahan alami yang sifatnya menenangkan kulit seperti aloe vera (lidah buaya), chamomile dan lavender.

Untuk daerah seputar mata apakah harus menggunakan pelembap khusus mata (eye cream). Apakah cukup dengan pelembab wajah? Pelembap biasa dapat digunakan untuk melembapkan kulit seputar mata. Tetapi jika anda ingin mengatasi masalah yang spesifik seperti kerutan di sudut mata, kelopak mata yang sembap atau mengurangi lingkaran hitam maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika menggunakan produk yang memang dibuat khusus untuk kulit seputar mata.

Hal ini disebabkan karena kulit seputar mata jauh lebih tipis dan peka dibanding dengan kulit bagian wajah lainnya. Untuk mencegah terjadinya iritasi, pelembap mata umumnya memiliki kandungan bahan aktif dalam kadar yang lebih rendah dibandingkan pelembap wajah biasa. Pelembap mata juga mengandung bahan yang khusus untuk mengatasi masalah tertentu misalnya kafein untuk mengempiskan kelopak mata yang sembap, vitamin K  dapat mengurangi lingkaran gelap atau partikel kilap serta kandungan silikon untuk menyamarkan kerut di sudut mata.

Pelembap apa yang harus digunakan untuk mencerahkan tampilan kulit wajah yang kusam dan nampak lelah ? Pelembap dengan partikel kilap seperti Glow Enhancer maupun Bloom Shimmer Cream adalah pilihan yang tepat karena partikel kilap tersebut mampu untuk memantulkan sinar hingga wajahpun nampak cerah. Sebenarnya kunci mendapatkan kulit segar hanya dengan proses membuang kulit mati atau eksfoliasi. Eksfoliasi ini dapat dilakukan dengan cara scrub 1-2 kali seminggu maupun menggunakan produk yang mengandung retinol, glycolic acid atau AHA. Jika kulit anda nampak kusam karena banyak bercak-bercak gelap sebaiknya coba krim pemutih yang mengandung kojic acid maupun hydroquinone dan biasanya harus menggunakan resep dokter. p2t


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Segarkan Wajah Dengan Facial Care
  2. Koreksi Kesalahan Make up Mata
  3. Bersihkan Kulit Kering dengan Tepat
  4. Gizi untuk Rambut Kusam
  5. Hal-Hal Penting Seputar Operasi Kecantikan
  6. Cegah Salah Make-Up
  7. Memilih Eye Shadow Secara Tepat
  8. Merawat Rambut Palsu
  9. Wajah Bersih Kulitpun Sehat
  10. Inilah 10 Cara Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan