Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Perempuan yang berusaha untuk hamil sebaiknya menjauhkan dirinya dari asap rokok. Walaupun tidak merokok, tapi menghirup asap rokok, akan membuatnya sulit hamil. Dan bila hamil, maka akan mudah mengalami keguguran pada hari-hari pertama kehamilannya.

Merokok memang telah diketahui berpengaruh buruk pada kesehatan. Tapi sebagai perokok pasif, yang sering terjadi pada perempuan yang mempunyai suami perokok, selain berpengaruh buruk bagi kesehatannya, juga akan membuatnya sulit untuk mempunyai anak.

Penelitian di Cina pada 526 perempuan yang tidak merokok namun mempunyai suami perokok, lebih dari 20 batang rokok sehari, ternyata menunjukkan 80 persennya diantaranya mengalami keguguran dalam enam minggu kehamilannya dibanding dengan perempuan yang tidak mempunyai suami perokok. Sedang bila suami merokok tapi kurang dari 20 batang sehari, tetap menunjukkan adanya peningkatan risiko keguguran pada istrinya. Perempuan dari suami perokok berat juga akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Banyak dari perempuan yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami keguguran pada minggu-minggu pertama kehamilannya, dan mengira bahwa perdarahan yang terjadi hanya merupakan haid biasa. Keguguran itu diduga disebabkan karena efek toksik dari rokok yang mengganggu keseimbangan hormon-hormon kehamilan. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Jenis Diet Ini, Berbahaya!
  2. Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil
  3. Merawat Organ Reproduksi Perempuan
  4. Mengenali Talasemia Pembuat Anemia
  5. Kaitan Sari Buah dengan Alzheimer
  6. 9 Cara Merawat Miss Vagina
  7. Fakta Tentang HIV dan AIDS
  8. Vitamin Pendukung Bagi Kulit
  9. Waspadai Nyeri Haid Hebat
  10. Inilah 4 Mitos dan Fakta Tentang Obesitas