Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Tampil penuh percaya diri menjelang presentasi akan menghasilkan hasil yang baik dan memuaskan.Jangan sampai citra perusahaan yang Anda bawa menjadi rusak hanya karena Anda kurang pesiapan dan kelewat gugup menjelang presentasi.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini agar Anda memiliki persiapan yang cukup dan tidak tampil mengecewakan!

Siapkan Bahan
Materi pembahasan presentasi haruslah Anda siapkan selengkap dan sedetil mungkin. Pastikan apa yang akan Anda utarakan semuanya berdasarkan fakta dan ada data yang dapat menguatkan tampilan Anda saat presentasi.

Siapkan Perlengkapan
Pastikan Anda atau tempat Anda akan melakukan presentasi memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan. Pastikan juga berapa banyak jumlah setiap alat yang dibutuhkan sehingga pada hari H Anda tidak perlu lagi repot mencari semua peralatan yang dibutuhkan karena sudah disiapkan sebelumnya.

Kenali Medan
Sebelum presentasi, cari tahu seperti apa medan yang akan Anda hadapi. Pastikan seperti apa karakteristik audiens Anda, agar Anda bisa mendapatkan bayangan gaya bahasa seperti apa dan materi apa yang sekiranya cocok dan masuk dengan audiens, agar prsentasi Anda dapat diterima dengan baik.

Latihan
Ingat dengan ungkapan practice makes perfect? Tentunya dalam hal ini juga berlaku bagi Anda. Dua hari menjelang presenntasi mulailah latih diri Anda berbicara di depan cermin dan mintalah orang lain untuk menilai dan memberi masukan atas penampilan Anda. Dengan begitu kesalahan pun dapat diminimalisir dan di hari H Anda akan tampil lebih percaya diri.

Makan dan Minum Cukup
Pastikan perut Anda tidak dalam keadaan kosong. Perut yang lapar akan membuat konsentarsi menjadi pecah dan sebaliknya perut yang terlalu penuh akan membuat Anda menjadi ngantuk. Makan dan minumlah dalam porsi yang cukup, dengan begitu Anda akan terlihat fit dan segar.

Tarik Nafas Panjang
Tarikan nafas yang panjang dipercaya dapat menghilangkan perasaan gugup. Selain itu berdoalah agar presentasi yang akan Anda bawakan berjalan lancar, dengan begitu Anda akan terlihat lebih relaks dan percaya diri.

sumber: hanyawanita.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Berpikir Kreatif Saat Wawancara
  2. Tips menjawab 18 pertanyaan tersulit wawancara pekerjaan.
  3. Kaum Ibu, Ternyata Adalah Karyawan Terbaik
  4. Jangan Katakan 4 Kalimat Ini Di Depan Bos Anda
  5. Anda Termasuk Tipe Mana? Enam Belas Tipe Manajer
  6. 10 Profesi Idaman Kaum Perempuan
  7. Resign? Ciptakan Kesan yang Baik
  8. Pilih “Kolam Besar” atau “Kolam Kecil”?
  9. Tingkatkan Daya Jual Anda
  10. Inilah 8 Profesi Paling Menyenangkan di Dunia