Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Urusan yang menyita mental dan fisik, stres, serta kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan. Ayurveda, sistem pengobatan tradisional India, punya sejumlah kiat untuk mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina.

Amati diri sendiri
Mencegah kelelahan bisa dilakukan hanya dengan mengamati diri sendiri. Siapa tahu anda kelelahan karena terlalu memaksa diri. Jangan paksa tubuh untuk bekerja atau berpikir melebihi batas. Bisa juga anda mudah lelah karena kurang olahraga. Percayalah, jalan pagi atau olahraga ringan dapat membantu meningkatkan tingkat energi tubuh.

Kelelahan karena anemia dan hati yang lemah
Makanlah sayuran kaya zat besi seperti bayam, jus bit, atau jus campuran bit dan wortel, juga jus anggur.

Untuk kelelahan karena aktifitas fisik
Minumlah jus jeruk segar yang diberi sejumput garam dapur. Tambahkan 10 tetes jus limau untuk membantu pendinginan tubuh.

Surya Pranayama
Salah satu bentuk lain yoga ini berupa bernapas dengan lubang hidung kanan. Tutuplah lubang hidung kiri. Surya pranayama ini membantu menstimulasi hati yang berperan penting dalam pembentukan darah.

Kobarkan api di perut
Unsur agni alias api di perut yang rendah akan menyebabkan pencernaan jadi seret. Ujung-ujungnya, level energi jadi rendah. Satu cara untuk meningkatkan agni adalah mengunyah jahe segar yang sudah ditetesi beberapa tetes jus limau dan diolesi sejumput garam. Kunyah ramuan itu sebelum makan. Hindari minuman dingin atau es karena akan berlawanan dengan agni dan mengurangi aktivitas pencernaan. Supaya api di perut berkobar, minum beberapa teguk air hangat selama makan. (yz, Sumber: Senior)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Berikut 5 Cara Memeriksa Payudara Sendiri
  2. Mengenal Penyakit Skizofrenia – Salah Satu Gangguan Psikosis Fungsional
  3. Nutrisi Masa Laktasi
  4. Hindari Faktor Resiko Asma
  5. Obat Anti Rokok Masih Dikaji Ulang
  6. Kacang-kacangan Perlambat Penuaan
  7. Makan Pagi Cegah Perilaku Seks Lebih Dini
  8. Inilah 6 Kesalahan Umum Menyikat Gigi
  9. Sejarah Dunia: Operasi Usus Buntu Lewat Mulut
  10. Mau Sehat ? Jangan Mengeluh !