Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kegemukan merupakan faktor risiko untuk sejumlah penyakit, sebut saja penyakit jantung, stroke, diabetes dan banyak lagi lainnya. Bagaimana bila kegemukan dialami oleh ibu hamil? ternyata risikonya bukan saja pada sang ibu, tapi juga berisiko bagi sang janin.

Bayi yang lahir dari ibu yang gemuk dapat mengalami cacat lahir, yaitu suatu kelainan bawaan dimana bagian bawah tabung saraf tidak menutup sempurna. Akibatnya dapat terjadi kelumpuhan, gangguan dalam mengontrol buang air dan kadang dapat disertai dengan hidrosefalus (‘kepala air’).

Selain risiko pada bayi, kegemukan dapat membawa sang ibu menderita hipertensi, pre eklampsia dan eklampsia (kejang pada kehamilan), dan diabetes dalam kehamilan.

Untuk ibu yang mempunyai berat badan normal, peningkatan berat badan saat kehamilan dianjurkan antara 11-16 kg. Tapi untuk ibu yang mempunyai berat badan berlebih, peningkatan berat badan hanya antara 6,5-11 kg. Sedang untuk ibu yang gemuk, penambahan berat badan dianjurkan kurang dari 6,5 kg. Tapi sebelumnya, konsultasilah dengan dokter, agar ibu dan juga anak yang akan lahir dapat sehat dan selamat. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Perempuan Positif AIDS Perlu Dukungan Hidup
  2. Inilah Mitos dan Fakta Seputar Kolesterol
  3. Inilah Tips Jantung Sehat bagi Perempuan Segala Usia
  4. Makin Tua, Otak Kurang Tertata
  5. Hidup Normal Bersama Alergi
  6. Terapi Cryo, Pengobatan Baru Bagi Penderita Kanker
  7. Dampak Komputer bagi Kesehatan
  8. Krisis Obat, Nyawa ODHA di Bali Terancam
  9. Sensor Luka bagi Lansia Dikembangkan di Singapura
  10. Inilah 7 Kelainan Payudara Yang Harus Di Waspadai