Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Memiliki tubuh yang langsing, sehat dan bugar merupakan idaman setiap kaum perempuan tetapi sayangnya tidak semua bisa memiliki tubuh ideal tersebut. Bahkan banyak perempuan yang cenderung melakukan diet tanpa memikirkan kesehatan mereka. Memang tidak ada larangan tetapi anda jangan sampai melupakan zat besi karena zat tersebut sangat penting untuk metabolisme tubuh khususnya kaum perempuan.

Zat besi dalam darah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan sangat dibutuhkan bagi kaum perempuan terutama saat datang bulan dan hamil. Seorang perempuan usia 19  hingga 54 tahun membutuhkan asupan zat besi sekitar 12 hingga 16 miligram zat besi sedangkan pada perempuan hamil diwajibkan mengkonsumsi 10 hingga 20 miligram zat besi. Untuk perempuan usia di atas 54 tahun sebaiknya mengkonsumsi 5 hingga 7 miligram zat besi setiap harinya. Begitu pentingnya zat besi, jangan pernah abaikan unsur gizi ini dalam diet anda.

Agar diet anda tetap berjalan tanpa harus meninggalkan unsur zat gizi di dalamnya, ada baiknya anda simak trik berikut ini untuk mempertimbangkan petunjuk diet kaya zat besi dalam makanan anda.

Makan Kentang Plus Kulitnya. Mungkin tanpa anda sadari, kulit kentang yang selama ini anda abaikan ternyata banyak mengandung zat besi dibandingkan daging kentangnya. Karena tingginya kadar zat besi ini cobalah anda selalu menyertakan kentang bersama kulitnya dalam olahan masakan anda.

Hindari Teh. Selain air mineral, teh kerap menjadi pilihan saat anda makan. Jika ini sering anda lakukan, cobalah mulai mengurangi kebiasaan tersebut karena minum teh saat dan setelah makan sangat tidak dianjurkan karena kandungan tannic acid yang terkandung di dalam teh sehingga bisa menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang anda konsumsi.

Pilihlah Roti Gandum. Roti gandum atau yang lebih dikenal dengan sebutan whole wheat bread memang selalu jadi andalan pelaku diet. Karena roti gandum mengandung serat tinggi, anti-oksidan, fitoestrogen (yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi. Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang lebih khas daripada roti putih (roti biasa).

Jangan Jauhi Daging. Meski anda sedang berdiet bukan berarti anda menghindari daging karena anda harus tetap mengkonsumsi daging karena banyak mengandung zat besi. Seperti daging sapi, ayam dan ikan. Begitu juga di dalam jeroan seperti hati, jantung, dan ginjal menyimpan segudang zat besi yang dibutuhkan tubuh anda, asal anda tahu porsinya (jangan berlebihan).

Kacang-Kacangan. Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai dan buncis mengandung cukup banyak zat besi, selain tinggi protein. Dalam 100 gram kacang mengandung protein antara 8-17%, zat besi (1-5 mg) dan kalsium (14-102 mg).

Bayam. Perbanyaklah mengkonsumsi bayam karena memang mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat tinggi. Jadi mulailah makan makanan yang berserat dalam menu diet anda.

Hindari Cemilan. Mungkin sulit jika harus menghentikan kebiasaan satu ini karena memang keisengan anda saat mengalami kerjaan yang menumpuk. Jika anda tidak bisa menahan diri, mungkin anda bisa mengganti cemilan anda dengan makan tahu. Karena dalam setiap 100 gram tahu, mengandung 2,5 miligram zat besi.

Buah. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C memang baik sekali tetapi jika anda juga harus mengkonsumsi buah yang mengandung zat besi. Seperti buah prune banyak mengandung zat besi dan vitamin C daripada apel dan pepaya. Dalam segelas jus prune terdapat 3 miligram zat besi.

Tiram. Jika selama ini tiram lebih dikenal sebagai makanan pendorong gairah seksual, ada baiknya anda mulai memasukkan tiram dalam menu mingguan anda karena tiram mengandung 4,7 miligram zat besi per gramnya.

Pilih-pilih produk. Apa pun makanan yang anda konsumsi sebaiknya baca ingredient-nya secara teliti. Anda jangan mudah tergiur dengan bentuk kemasannya, harga yang murah dan bermerk. Lebih baik anda bandingkan setiap merk dan pilih yang kandungan zat besinya paling tinggi. (p2t / sbr: idionline)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Atat penumbuh rambut dengan teknologi laser
  2. Bersihkan Kulit Kering dengan Tepat
  3. Kulit Halus Berkat Chemical Peeling
  4. Jangan Tutupi Freckles Dong…
  5. Kulit Mulus Bebas Jerawat
  6. Jari Lentik dengan French Manicure
  7. Cantik dengan Dagu Proporsional
  8. Produk Pemutih Bahaya Gak Ya…?
  9. Rawat Mata Anda Agar Terlihat Lebih Muda
  10. Dapatkan Rambut Lebih Sehat