Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Program untuk mempromosikan kebiasaan mencuci tangan pada masyarakat di wilayah kumuh, Karachi, Pakistan telah menurunkan jumlah kasus penyakit gangguan pencernaan lebih dari 50 persen. Demikian hasil penelitian di Pakistan, seperti dilansir MIOL. Penurunan 53 persen kasus penyakit diare diantara anak-anak dimulai dengan program bantuan sabun gratis kepada para penduduk wilayah berpenghasilan rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak memiliki program tersebut.

Anak-anak terutama mereka yang hidup dalam kondisi sosial yang dibawah kekurangan gizi seperti di wilayah Bilal, Hazara, Manzoor dan Mujahid telah melaporkan adanya peningkatan kesehatan karena adanya perubahan perilaku dalam menjaga kebersihan. Anak-anak yang berasal dari keluarga yang mengikuti program bantuan sabun gratis dilaporkan mengalami penurunan sebanyak 39 persen terkena penyakit gangguan pencernaan sementara itu anak-anak yang berusia dibawah lima tahun (balita) mengalaim 42 penurunan terkena diare dibanding dengan anak-anak dari kelompok yang tidak terkena program.

Hampir dua juta anak meninggal setiap tahunnya akibat derita penyakit diare.
Penelitian oleh kelompok Perhimpunan Dokter Amerika Serikat (JAMA) memperkirakan kebiasaan mencuci tangan dapat mencegah kematian hingga satu juta anak setiap tahunnya.

Di pemukiman kumuh di Karachi air yang digunakan telah terkontaminasi oleh organisma kotoran manusia dan penduduk mempunyai kebiasaan membasuh lubang dubur mereka dengan air dan mengelap tangan mereka yang basah ke baju kotor mereka agaknya menjadi penyebab utama penyebaran penyakit diare, demikian diutarakan oleh tim peneliti dalam makalah mereka.

“Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah mengembangkan dengan pendekatan efektif promosi mencuci tangan yang jauh lebih murah dan dapat menurunkan jumlah mereka yang berisiko terkena penyakit gangguan pencernaan hingga jutaaan,” kata penelioti dari Lembaga Pusat Penelitian penanggulangan dan pencegahan penyakit.

“Program kesehatan masyarakat harus bereksperimen dengan program penyuluhan kesehatan yang menyertakan agenda untuk membangun kebiasaaan mencuci tangan dalam semua kegiatan penyuluhan.” Hasil penelitian tersebut muncul dalam jurnal edisi pekan ini yang tertuang dalam makalah yang berdasarkan penelitian yang melibatkan 4,500 anak-anak dari 36 lingkungan wilayah yang berpenduduk penghasilan rendah. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Khitan Mencegah Penularan HIV/AIDS
  2. Vaksin HPV (Pencegahan kanker serviks) Direkomendasikan untuk Lelaki
  3. Khitan Kurangi 60 Persen Risiko Terjangkit AIDS
  4. Mau Payudara Sehat Dan Indah? Berikut 5 Tipsnya
  5. Inilah 5 Alasan Anda Harus Bersepeda
  6. Segelas Susu Untuk Gangguan Tidur
  7. Morning Erection Tanda Kebugaran
  8. Gelembung : Cara Deteksi Kanker Payudara
  9. Inilah 4 Langkah Mudah Memulai Diet Bagi Pemula
  10. Sakit Kepala, Jangan Sembarang Minum Obat