Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Memakan makanan kecil merupakan salah satu cara untuk kepuasan dalam himpitan tekanan hidup. Semakin sering ngemil maka semakin sering seseorang dikejar rasa bersalah karena takut dihantui kegemukan dan berpola hidup yang tidak sehat. Anda tidak perlu cemas saat mengemil karena ada cara ngemil sehat yang bisa anda coba berikut ini.

Biasanya rasa ingin mengemil datang karena stres. Makan hanyalah pelarian dari kondisi tersebut. Untuk itu, anda harus temukan penyebab stress anda agar tidak mencoba mencari penghiburan melalui makanan yang tidak menyehatkan. Khusus untuk anda yang sedang hamil, biasanya memiliki mood tidak menentu maka anda bisa memakan cemilan yang terdiri dari buah-buahan atau sayuran.

Sediakan stok makan di lemari pendingin anda dengan makanan yang sehat dan mengenyangkan. Seperti popcorn, roti kering, nasi goreng, jus buah tanpa pemanis, buah dan sayur segar, yogurt rendah lemak, keju rendah sodium dan lemak. Gunakan juga garam substitusi jika anda membutuhkan.

Untuk waktu senggang anda sebaiknya sediakan jus anggur atau pir. Pilihlah makanan ringan yang sarat serat seperti apel dengan kulitnya. Anda harus menghindari cemilan yang kaya akan lemak dan rendah gizi seperti es krim, kripik kentang dan sebagainya.

Jangan terlambat makan siang.
Pasalnya, makan siang yang terlambat, akan membuat Anda merasa lapar kembali tiga jam setelah makan. Kalau tidak ngemil, kecenderungan makan dalam porsi yang lebih banyak pada makan malam.

Ngemil dilakukan orang saat mood sedang buruk atau stress. Terkadang, saat keinginan ngemil muncul, kita tidak tahu apa yang sebetulnya kita rasakan. Berikut jenis camilan sehat sesuai mood.

Saat bosan: pilih popcorn, wortel, roti batang, asinan, atau nasi
goreng sebagai cemilan. Saat kesepian: pilih es krim rendah lemak, yogurt tanpa lemak, pisang atau mangga, sup ayam, keju rendah lemak dengan buah, susu rendah lemak dan kue atau biskuit.

Saat anda merasa betul-betul lapar: sebaiknya konsum keju rendah lemak plus buah, yogurt dan buah, sereal dan susu, roti dengan selai apel, pisang dan segelas susu rendah kalori, atau secangkir sup panas dengan sayur dan biskuit. Jika Anda haus: puaskan dengan minum air putih, jus buah, perasan jeruk, semangka, anggur, atau buah kesukaan lainnya. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips Terhindar Dari Penyakit Stroke
  2. Obat Alami : Minyak Ketumbar Untuk Bunuh Bakteri Pemicu Sakit Perut
  3. Puasalah! Anda Dijamin Sehat
  4. Jahe Manjur dan Aman Untuk Obat Migrain
  5. Inilah 5 Hal Bisa Membuat Anda Lebih Gemuk
  6. Mencegah Serangan Asma
  7. 5 Makanan Ini, Bisa Melawan Premenstrual Syndrome (PMS)
  8. Obat ‘Ajaib’ Lawan Kanker Payudara
  9. Trichomoniasis, PMS Tanpa Gejala
  10. Kelebihan Tidur Juga Berbahaya