Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Buah pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lainnya, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap oleh tubuh.

Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bisa dibandingkan dengan buah apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya juga sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 di pisang juga cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 5 Alasan Anda Harus Bersepeda
  2. Filariasis Limfatik (Kaki Gajah) di Indonesia
  3. Indonesia Berhasil Tekan Kasus Flu Burung
  4. Ingin Cantik? Harus sehat
  5. Redakan Migrain Dengan Cara Berikut
  6. Lintah Kembali Berjasa bagi Dunia Medik
  7. Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, part 2
  8. 5 Suplemen Penting Harus Di Konsumsi Perempuan
  9. Telat Makan…Hati-hati Maag
  10. Dampak Buruk Suntik Vitamin C