Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Menjaga kelestarian lingkungan tidak harus menuntut tindakan besar dari Anda sebagai pendukungnya. Mulailah dari diri sendiri untuk bisa membantu pencegahan kerusakan lingkungan. Contohnya, dengan membuat kantong belanja sendiri dari pakaian bekas.

Dalam workshop yang diadakan Carrefour Indonesia bersama Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, @SiDalangID, dan Greeneration Indonesia, kita diajak untuk berkreasi membuat kantong belanja dari pakaian bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

“Melalui workshop ini kami mengajak para pengunjung yang datang ke Carrefour untuk berkreasi membuat kantong belanja sendiri. Pakaian bekas yang ada di rumah dapat digunakan sebagai alternatif pengurangan penggunaan kantong plastik,” ujar Gita Syahrani, penanggung jawab @SiDalangID.

Nah, apakah Anda juga ingin membuat kantong belanja yang unik hanya dengan menggunakan pakaian bekas Anda? Berikut caranya:

Bahan yang diperlukan:
– Kaos bekas
– Penggaris
– Gunting
– Pensil atau Spidol
– Tali (jika diperlukan)

Cara membuat:
1. Siapkan baju yang sudah tidak dipakai, bisa yang sudah kelunturan atau robek.
2. Gunting kedua lengannya. Jika, Anda ingin guntingan rapi, Anda dapat menggunakan penggaris dan pensil untuk membuat garis yang rapi pada guntingan kain. Sisa kain lengan tersebut jangan dibuang, karena masih bisa dikaryakan menjadi pouch.
3. Setelah itu, gunting bagian kerah. Bagian kerah yang digunting jangan dibuang, karena dapat berfungsi sebagai tali penggenggam atau sesuai kreasi Anda sendiri.
4. Kemudian, gunting bagian bawahnya sampai menyerupai rumbai-rumbai, dan ikat satu sama lain.

Gampang, kan? Bagaimana, Anda dapat mempraktekkannya? Kantong belanja yang Anda buat dapat disesuaikan dengan kreasi dan kreativitas Anda sendiri. Anda juga dapat menambahkan beberapa aksesori untuk mempercantiknya.

sumber: kompas.com