Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Cara Menggoreng Kentang Agar Tidak Picu Kanker. Kentang goreng yang merupakan camilan favorit banyak orang ternyata memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Konsumsi kentang goreng bukan hanya dapat menggagalkan diet, tetapi diduga dapat meningkatkan risiko kanker.

Tetapi Anda tidak perlu menghindari konsumsi kentang sepenuhnya karena kentang juga menawarkan karbohidrat, mineral dan protein yang baik untuk tubuh. Yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat sehat kentang tanpa khawatir terhadap risikonya adalah dengan mengolah kentang dengan cara yang tepat.

Baru-baru ini sekelompok ilmuwan merilis sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tentang bagaimana membuat kentang goreng menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Ketika makanan bertepung dimasak pada suhu di atas 248 derajat, makanan tersebut akan menghasilkan zat kimia akrilamida secara alami yang mungkin dapat bersifat karsinogen bagi manusia. Meski belum ada penelitian lebih lanjut yang mengaitkan antara akrilamida dengan kanker, Anda tetap perlu mewaspadainya.

Donald Mottram, PhD, seorang ilmuwan di bidang kimia makanan dari University of Reading telah menemukan beberapa cara untuk mengurangi kadar akrilamida dalam kentang goreng. Kuncinya adalah meminimalkan rasio fruktosa menjadi glukosa dalam kentang goreng.

Seperti dilansir prevention, berikut cara untuk mengurangi kadar akrilamida dalam kentang goreng yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Rendam kentang dalam air selama 2 jam sebelum memasaknya, yang akan memotong tingkat akrilamida hingga 2 kali lipat. Bahkan dengan segera membilas rendaman kentang selama 30 detik dapat kembali memotong akrilamida sebesar 23 persen.

2. Memanggang kentang selama setengah menit sebelum dimasak dapat menurunkan tingkat akrilamida sebesar 60 persen.

3. Hindari keripik kentang. Menurut sebuah penelitian, kentang yang dibuat keripik memiliki tingkat akrilamida yang lebih tinggi daripada kentang yang digoreng biasa.

4. Kurangi konsumsi kentang goreng dari kedai junk food. Makanan di restoran cepat saji selalu disajikan dengan cepat dan tidak melalui proses memasak yang panjang, sehingga kentang mungkin tidak akan mendapatkan perlakuan untuk mengurangi tingkat akrilamida.

Jika Anda memasak kentang goreng sendiri, Anda dapat memastikan bahwa kentang diolah dengan cara yang tepat untuk menghindari risiko kesehatan yang mungkin terjadi karena kandungan akrilamida kentang goreng.

sumber: detik.com