Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Selain demam berdarah dan diare, penyakit yang patut diwaspadai adalah leptospirosis, yang disebabkan air kencing dan kotoran tikus. Di Tarakan sudah dirawat 26 pasien penyakit itu, tiga di antaranya dalam keadaan kritis. Sedangkan di Fatmawati sudah ada sembilan pasien.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan penyakit itu bisa dicegah secara sederhana, yakni mengenakan pelindung badan saat membersihkan rumah. Penularan penyakit itu rupanya melalui pori-pori, selaput lendir, dan luka. “Minimal tutup tangan dan kaki dengan plastik,” kata Salimar Salim, Wakil Kepala Dinas Kesehatan, beberapa waktu lalu, saat menghadiri peresmian gedung RS Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat.

Kuman leptospirosis ini bisa dimusnahkan dengan disinfektan atau suhu panas yang tinggi. Jadi, pembersihkan rumah sebaiknya haruslah menggunakan disinfektan seperti karbol. Sedangkan orang yang demam setelah membersihkan rumah, sebaiknya harus segera diberikan antibiotik. “Paling lambat dua atau tiga hari,” kata Salimar. Kepala Dinas Kesehatan Wibowo Sukijat mengatakan penyakit itu juga bisa ditularkan melalui anjing dan kucing. “Waspadai kedua hewan itu,” katanya. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Cepat dan Akurat Untuk Mendeteksi Jantung Koroner
  2. Usul Resolusi Flu Burung Indonesia Diterima WHA
  3. Seputar Keputihan
  4. Makanan memperbaiki emosi ?
  5. Inilah 5 Kesalahan Saat Berdiet
  6. Inilah Penyebab dan Gejala Nyeri di Leher
  7. Resep agar Tubuh Kebal Penyakit
  8. Inilah 6 Fakta Tentang Sakit Kepala
  9. Olah Raga Mata, Begini Caranya
  10. Khitan Mampu Cegah Penularan AIDS