Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Wasir (hemorrhoid) pada ibu hamil umumnya terjadi akibat tekanan mendesak dari pertumbuhan janin pada vena hemorrhoid. Perlu diketahui, ibu hamil sangat rentan menderita wasir karena meningkatnya kadar hormon seks yang melemahkan dinding vena di bagian anus. Banyak ibu hamil yang menderita wasir setelah 6 bulan usia kehamilan karena adanya peningkatan tekanan vena dalam area panggul.

Beberapa perempuan juga mengalami wasir selama persalinan akibat tekanan bayi yang kuat. Komplikasi setelah melahirkan juga memicu terjadinya wasir. Sebagai contoh, lembutnya daerah vagina dan bagian anus acap menyebabkan beberapa perempuan sering menunda buang air besar, sehingga memicu terjadinya sembelit dan wasir.

Gejala wasir
•Ada sedikit darah yanga halus di kertas usai membersihkan bagian anus
setelah dari toilet
•Pergerakan usus besar tidak sempurna
•Gatal di bagian dubur
•Terasa ada bengkak di bagian anal

Selain itu, wasir di masa kehamilan juga dapat terjadi karena konstipasi akibat diet buruk, diare yang mengganggu fungsi usus besar dan exercise yang kurang. Dan kasus ini lebih banyak terjadi pada perempuan hamil yang mengalami tambahan berat badan berlebihan.

Mencegah/ meminimalkan wasir selama kehamilan
Selama kehamilan, konsumsi makanan diet tinggi serat, seperti sayuran mentah, kulit padi dan buah-buahan. Selain itu melakukan exercise setiap hari dan tidak menunda buang air besar ketika keinginan buang air besar datang.

Untuk meminimalkan nyeri karena wasir, dapat menggunakan jelly atau minyak untuk melubrikasi bagian anus sebelum buang air. Mandi hangat atau kompres dingin dapat juga digunakan untuk melancarkan buang air. Begitu juga penggunaan handuk hangat dapat mengurangi pembengkakan akibat wasir.

Cara cerdas cegah wasir:
•Makan serat antara 25-30 gram per hari
•Minum sedikitnya 8 gelas per hari
•Meningkatkan jumlah aktivitas fisik setiap hari
•Tambahkan laxative, namun konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter
•Kurangi berat badan
•Ubah kebiasaan menunda-nunda buang air besar
•Exercises otot-otot panggul
•Mempraktikkan kebiasaan bersih (hygiene). Jaga kesehatan dan kebersihan bagian dubur dengan menghindari penggunaan kertas toilet yang kasar

Diagnosis dan treatment
Umumnya wasir dapat didiagnosis lewat pemeriksaaan fisik. Dokter akan melakukan pemeriksaan bagian dubur dengan memakai sarung tangan dan memberi cairan ke dalam rectum untuk merasakan ada tidaknya keganjilan. Wasir eksternal dapat didiagnosis dengan visual dan pemeriksaan dubur (rectal). Untuk wasir internal, dokter akan menyelipkan tabung tipis (anoscope) yang lebih kecil dari dubur. Anoscope ini dapat melihat bagian dalam dubur. Untuk melihat sumber pendarahan, dokter akan menggunakan colonoscopy (pemeriksaan bagian dalam usus besar).

Gejala yang umum terjadi adalah adanya pendarahan di bagian dubur. Bila mengalami hal ini sebaiknya langsung ke dokter. Kemungkinan besar ini memang gejala wasir, namun pendarahan di bagian dubur dapat pula merupakan gejala penyakit serius, misalnya kanker usus besar.

Kebanyakan wasir bagian dalam dapat diobati dengan beberapa treatment di rumah seperti wasir external. Contohnya dengan cara duduk di bak hangat beberapa waktu setiap hari. Tindakan ini dapat mengurangi gatal dan gejala yang ditimbulkan wasir. Minum banyak air jus dapat dijadikan solusi. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air 8 gelas sehari dan mengonsumsi diet tinggi whoe grain, buah segar, sayuran hijau segar menurunkan wasir dan meringankan gejalanya. Mengonsumsi suplemen serat dan exercise teratur dapat juga menjadikan feses lebih lunak.

Beberapa kasus berat dapat diobati dengan berbagai metode penghancuran jaringan wasir. Adapun keberhasilan treatment wasir sangat tergantung dari berapa besar parahnya dan ketidaknyamanan yang dibuat akibat wasir.

Yang jelas, jika wasir sudah membuat anda merasa tidak nyaman berkonsultasilah ke dokter. Diagnosa medis akan memudahkan dokter memilihkan treatment yang cocok bagi. Dengan begitu hasil yang didapat lebih efisien dan efektif. (ee/ sbr: Pdpersi)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Anggur Kurangi Inflamasi dalam Pembuluh Darah
  2. 10 Langkah Hindari Radiasi Ponsel
  3. Mangga Kaya Antioksidan Betakaroten
  4. Makan Pagi Cegah Perilaku Seks Lebih Dini
  5. Cara Mencegah Stroke Dengan Nutrisi!
  6. Sudah Ditemukan Obat Mujarab Leukemia, Dari Minyak Ikan
  7. Cemerlangnya Senyum Anda
  8. Inilah 16 Fakta Gangguan Pendengaran
  9. Ditemukan Vaksin Demam Berdarah Pertama Kali
  10. Penyebab Maag Pada Wanita