Pulpen Promosi


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Survey yang dilakukan Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) baru-baru ini mendapati peningkatan kesadaran dan perubahan perilaku yang cukup signifikan pada ibu-ibu di Kelurahan Petamburan dalam hal kebersihan. Peningkatan tersebut merupakan salah satu bukti keberhasilan. Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun yang dilaksanakan Koalisi untuk Jakarta Sehat (KuJS) dan KuIS atas dukungan dari Shell Companies in Indonesia. Sebelum kegiatan ini dimulai, hanya 65% responden di Petamburan yang mencuci tangan pakai sabun sebelum makan. Prosentase ini meningkat menjadi 96% pada bulan Juni 2006 lalu.

Mencuci tangan pakai sabun merupakan aktivitas yang selama ini dianggap biasa-biasa saja oleh kebanyakan orang. Banyak yang tidak tahu bahwa mencuci tangan pakai sabun sebenarnya sangat besar manfaatnya dan jangan lalai melakukannya pada saat-saat yang menentukan. Hasil studi Curtis V dari Department of Infectious and Tropical Diseases London School of Hygiene and Tropical Medicine pada tahun 2003, membuktikan bahwa mencuci tangan pakai sabun dapat mengurangi kasus penyakit diare yang merupakan penyebab terbesar kematian balita di banyak negara. Balita memang rentan terhadap diare disebabkan rendahnya tingkat kekebalan tubuh balita dibandingkan orang dewasa.

Data Departemen Kesehatan RI menunjukkan 5.051 kasus diare sepanjang tahun 2005 lalu di 12 provinsi. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan dengan jumlah pasien diare pada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.436 orang. Di awal tahun 2006, tercatat 2.159 orang di Jakarta yang dirawat di rumah sakit akibat menderita diare. “Melihat data tersebut dan kenyataan bahwa masih banyak kasus diare yang tidak terlaporkan, kami menganggap diare merupakan isu prioritas kesehatan di tingkat lokal dan nasional karena punya dampak besar pada kesehatan mayarakat,” jelas Tom Malik, Direktur Eksekutif KuIS.

Tom Malik menambahkan bahwa masalah diare lebih sering diatasi dengan pendekatan kuratif dibandingkan preventif. Padahal menerapkan metode preventif akan lebih murah, lebih efisien dan lebih efektif. “Berangkat dari pemahaman bahwa menuci tangan pakai sabun adalah perilaku yang mudah dilakukan dan efektif menurunkan insiden diare, kami menyadari perlunya suatu gerakan bersama untuk membentuk perilaku sehat mencuci tangan dengan sabun sebagai langkah awal meningkatkan kesehatan individu dan keluarga,” ujar Tom.

Karenanya, KuIS bersama KuJS menjalankan “Gerakan Mencuci Tangan Pakai Sabun”, yang dimulai dari Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat. Sejauh ini, Jakarta Pusat memiliki angkat kematian balita cukup tinggi, yaitu 30 per-1000 bayi (2003). Bob Moran, Country Chairman & President Director Shell Companies in Indonesia mengatakan, “Kami mendukung program ini karena sesuai dengan misi tanggung jawab sosial Shell, yaitu memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungan kami beroperasi. Kami harapkan program Cuci Tangan Pakai Sabun ini dapat merubah perilaku masyarakat untuk menjadi lebih sehat dan menekan kasus diare sehingga pada akhirnya akan mampu mengurangi jumlah kematian bayi dan balita di komunitas.”

Dukungan kolektif dari berbagai pihak serta keterlibatan dari masyarakat merupakan salah satu faktor penting dalam pelaksanaan program yang dimulai sejak bulan Januari 2006 lalu ini. Festival Cuci Tangan Pakai Sabun yang diadakan hari Sabtu, 24 Juni lalu di Kelurahan Petamburan merupakan suatu perayaan atas kerja bersama yang telah dijalankan, sekaligus untuk berbagi pengalaman kepada masyarakat luas tentang apa yang telah dilakukan selama ini. “Festival ini juga diharapkan menjadi suatu kesempatan untuk menggugah lebih banyak pihak lain untuk bergabung dalam gerakan ini, hingga cakupan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun menjadi suatu gerakan yang bersifat nasional,” ujar Irawaty yang mewakili KuJS. (yz)

Sela waktu dikantor, isi dengan berTrading Forex di Marketiva

1. Membuka Account Gratis. Daftar Disini!
2. Mendapat $5 Gratis.
3. Hanya dengan $1 sudah bisa bertrading.
4. Keamanan yang cukup bagus.
5. Memperoleh Software untuk bertrading secara real time.
6. Tersedia support berbahasa melayu.
7. Mendapatkan uang virtual, untuk latihan trading.

Tutorial 1 | Tutorial 2 | Tutorial 3 | Tutorial 4 | Tutorial 5
Tutorial 6 | Tutorial 7 | Tutorial 8 | Tutorial 9 | Tutorial 10

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Jangan Terperdaya Manfaat Coklat
  2. Trik Hindari Stres
  3. Fakta Baik Tentang Alpukat
  4. Kasus AIDS Terbanyak Karena Jarum Suntik
  5. Inilah Yang Terjadi Saat Koma
  6. Sakit Kepala? Inilah Pertolongan Pertamanya, Pijat Di 4 Titik Berikut
  7. Gigi Berlubang Dapat Sebabkan Kista
  8. Makanan-Makanan Pereda Stress
  9. Inilah 10 Tanda Awal Gangguan Jantung, Jangan Disepelakan!
  10. Ternyata Mendingan Tempat Duduk Kloset Daripada Keyboard