Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pemerintah harus melakukan pemeriksaan intensif terhadap para penderita flu burung yang tinggal di dalam satu rumah. “Patut diduga, sudah terjadi penularan sesama manusia karena beberapa penderita H5N1 yang terungkap akhir-akhir ini satu keluarga,” kata Pengamat Kesehatan Kartono Mohammad.

Sejauh ini, menurutnya, baru di Thailand adanya laporan mutasi virus flu burung di antara sesama manusia. “Bukan tidak mungkin itu juga terjadi di Indonesia. Makanya, sampel virus dari penderita yang baru terinfeksi tersebut, harus benar-benar diteliti serius,” ujar mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu.

Ia mengatakan bahwa dimungkinkan virus yang tertular sesama manusia itu strukturnya akan berubah. “Bisa jadi, bukan lagi H5N1, tapi misalnya berubah jadi H9N1,” ujarnya. Penanganan flu burung yang dilancarkan pemerintah pusat, ujarnya, selama ini sudah cukup baik.

“Yang masih kurang, antisipasi di tingkat daerah. Bila di daerah tidak baik, penanganan kasus ini tidak akan berhasil,” imbuhnya. Jadi, sudah seharusnya pemerintah lebih serius lagi mencegah dan juga mendalami penelitian soal kasus flu burung ini. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Anda Penderita Diabetes? Hindari 5 Makanan Berikut
  2. 144 Orang Meninggal Akibat DBD
  3. Wah… Ternayata Ekstasi Bisa Obati Kanker
  4. Hati-hati! Salah Sabun Payudara Pria Bisa Membesar
  5. Bronkitis
  6. Deteksi Dini Kanker Usus Besar
  7. Kiat Sehat Perempuan Aktif
  8. Inilah Bahaya Balita Jika Gemar Memainkan iPad
  9. Inilah 10 Fakta Tentang Sperma
  10. Inilah Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Program Bayi Tabung Di Jakarta