Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Penyebab terjadinya berat badan yang berlebihan atau dikenal sebagai obesitas mungkin sudah sering anda dengar. Namun, faktor apa saja yang menyebabkan berat badan yang kurang atau berada di bawah normal?

Menurut sumber infosehat, umumnya berat badan yang berada dibawah normal disebabkan oleh kurangnya asupan makanan. Nafsu makan yang berkurang biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti dalam keadaan sedang sakit, stres atau depresi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin dan mineral serta aktivitas harian yang terlalu padat.

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa penyebab umum terjadinya kekurangan berat badan pada perempuan adalah keinginan mereka dalam program diet untuk mendapatkan tubuh langsing yang ideal.

Faktor genetik juga diketahui berperan dalam hal tersebut, sama halnya seperti obesitas. Kondisi genetik yang diturunkan pada seseorang dapat menyebabkan kadar metabolisme tinggi atau sel lemak badan yang kurang. Sehingga seringkali anda melihat seseorang dengan nafsu makan yang besar namun tetap memiliki tubuh yang kurus.

Faktor usia juga berpengaruh terhadap underweight karena semakin bertambahnya usia akan menyebabkan semakin berkurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi atau zat gizi dari makanan sehari-hari. Selain itu, faktor pengaruh lainnya adalah penyakit-penyakit kronis seperti tuberkulosis (TBC), kanker, AIDS dan proses penyembuhan atau pemulihan yang melemahkan ketahanan tubuh serta memerlukan persediaan gizi yang lebih banyak. Sehingga bila asupan makanan berkurang sedikit saja maka nilai gizi di dalam tubuh juga akan lebih cepat berkurang.

Faktor yang terakhir adalah gaya hidup seseorang dalam mengonsumsi jenis-jenis zat tertentu seperti nikotin, kafein dan berbagai macam penyedap rasa. Zat-zat tersebut diketahui dapat mengurangi selera makan yang normal sehingga bila keadaan itu berlangsung terus menerus maka tubuh akan cepat menjadi kurus. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Kapan Olahraga yang Tepat?
  2. 7 Tips Umur Panjang, Agar Bisa Hidup Sampai Umur 100 Tahun
  3. Selamat Tinggal Selulit
  4. Efek Samping Pengobatan Migrain
  5. Jurus Ampuh Basmi Bau Mulut
  6. Amankan Setiap Hari Minum Teh Kemasan?
  7. Tertawa Banyak Manfaatnya Untuk kesehatan Anda
  8. Nutrisi Sehat Ibu Hamil
  9. Sudah Ditemukan Obat Mujarab Leukemia, Dari Minyak Ikan
  10. Inilah 9 Tes Kesehatan yang Nggak Penting Anda Lakukan