Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pemerintah dalam waktu dekat menetapkan epidemi flu burung sebagai bencana nasional. Karena, flu burung terus memakan korban manusia, sampai saat ini sudah 63 jiwa.

“Flu burung ini sudah masuk dalam kategori bencana nasional, sudah epidemi, jadi akan dialokasikan pembiayaan, dari APBN pemerintah pusat dana yang terkait dengan bencana alam,” kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas, Paskah Suzetta, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Presiden akan mengumumkan epidemi flu burung sebagai bencana nasional. Dengan penetapan ini, berarti penanganan kasus flu burung akan dilakukan secara nasional, menggunakan dana bencana alam di APBN 2007.

Ketika ditanya apakah pemerintah akan memberikan dana bantuan tunai kepada para peternak, Paskah belum memastikan. “Bantuan langsung tunai untuk peternak belum dibicarakan. Tapi kira-kira akan begitu.”

Mengenai penggantian atas ternak yang dimusnahkan, kata Paskah terutama untuk yang diperkotaan. Karena metode dalam rangka pengawasan ternak di daerah sudah ditangani Pemda.

Paskah juga belum memastikan berapa dana bencana yang akan dialokasikan untuk penanganan kasus flu burung. Jumlahnya katanya, belum ditetapkan tapi akan mengarah ke sana.

Menurut Paskah penetapan dengan epidemi saja, yang berarti flu burung dianggap sebagai suatu penyakit menular. Artinya sekarang akan dilakukan secara menyeluruh, komprehensif dan tentunya dengan alokasi dari dana itu sebagian besar memakai dana pusat. Selama ini penangananya bersifat ad hoc di kecamatan-kecamatan. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Hati – Hati! Ternyata Darah Rendah Lebih Berbahaya Dari Hipertensi
  2. Inilah 6 Dampak Buruk Bila Kebanyakan Tidur
  3. Kaitan Sari Buah dengan Alzheimer
  4. Inilah 9 Tes Kesehatan yang Nggak Penting Anda Lakukan
  5. Fakta Seputar Ukuran Payudara
  6. Benarkah Minuman Energi Selalu Berenergi?
  7. Bergaji Rendah Riskan Kena Tumor Otak
  8. 5 Tips / Cara Hindari Sakit Pinggang
  9. Jurus Ampuh Basmi Bau Mulut
  10. Sehatkah Juice Buah untuk Anak?