Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Memasuki musim pancaroba seringkali terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Pagi hari matahari bersinar sangat cerah, sehingga udara siang terasa sangat panas dan membuat kita merasa gerah, namun di sore hari langit berubah menjadi kelihatan mendung dan hujan pun turun dengan derasnya.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat membuat daya tahan tubuh kita menurun dan mennjadi sangat rentan terhadap penyakit. Jika daya tahan tubuh kita sudah menurun, virus yang menyebabkan penyakit batuk, pilek, dan sakit perut seperti diare akan mudah menghampiri dan mulai menyerang kita, demikian sumber dari promosi kesehatan.

Biasanya dalam kondisi yang demikian, antibiotik menjadi andalan untuk mengatasi gangguan penyakit-penyakit tersebut. Padahal sebenarnya tubuh kita telah memiliki mekanisme sistem kekebalan yang digunakan untuk menangkal faktor atau zat yang berasal dari luar tubuh uang dapat membahayakan kesehatan kita.

Karena kekebalan tubuh bersifat dinamis, dan virus dapat bermutasi, maka kita harus mempunyai gaya hidup yang sehat untuk dapat memperkuat pertahanan tubuh kita. Apalagi saat ini banyak bermunculan penyakit-penyakit baru yang berbahaya, seperti virus flu burung.

Flu merupakan penyakit yang di akibatkan oleh infeksi virus, sehingga menyebabkan peradangan pada pada sistem pernafasan kita. Selama ini, Vitamin C bukan hanya dikenal sebagai primadonanya vitamin, tetapi banyak orang menggunakannya sebagai penangkal flu dan mengobati sariawan.

Berdasarkan penelitian Dr Linus Pauling diketahui bahwa Vitamin C memiliki kemampuan untuk menghambat partikel virus agar tidak menyebar melalui sel dan jaringan tubuh, selain itu Vitamin C juga mengurangi kekampuan molekul oksigen sampai menjadi radikal bebas dan kemudian menghancurkan asam nukleus virus.

Apabila kita melihat manfaat yang bisa kita peroleh dari Vitamin , rasanya tidak salah jika kita mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C dalam tubuh kita dengan gaya hidup sehat dan selalu mengkonsomsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, seperti Jambu Batu/Jambu Kelutuk, Jeruk, Apel, Kapri, daun pepaya dan lain sebaginya. (yz)

Tips mencegah Flu :
Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun
Minum banyak air putih, minimal 8 gelas sehari
Usahakan menghindari orang lain yang terkena flu
Jaga selalu daya tahan tubuh dengan cukup istirahat, makan makanan yang bergizi
Olahraga teratur dan selalu penuhi kebutuhan vitamin C.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 14 Fakta dan Tips Donor Darah Yang Perlu Anda Ketahui
  2. Kenali Penyakit Asma pada Anak
  3. Sedot Lemak, Pipi Gembil pun Jadi Tirus
  4. Hilangkan Bau Mulut dan Cegah Kerusakan Gigi
  5. Inilah 5 Hal Unik untuk Memprediksi Kesehatan Anda
  6. Inilah 10 Mitos dan Fakta Tentang Kanker Payudara
  7. Atasi Sakit Kepala Karena Stres
  8. Inilah 10 Gejala Penyakit Hati / Liver dan Pencegahannya
  9. Kelelahan : Gejala, Pengobatan
  10. Nyaman Saat Persalinan Dengan Hypnobirthing