Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Perempuan yang mengonsumsi suplemen asam folat selama masa produktif, khususnya untuk mencegah cacat lahir, ternyata juga melakukan hal yang menguntungkan buat diri-sendiri, yakni mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Boston menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi vitamin B kadar tinggi dari makanan dan suplemen secara bermakna mengurangi risiko mereka mengidap hipertensi.

“Ini merupakan studi besar pertama kali yang menunjukkan bahwa asupan folat dalam kadar tinggi berpeluang menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi,” ujar Dr. John P. Forman, seorang peneliti Brigham and Women’s. “Sangat menggembirakan, terkait faktor keamanan dan ketersediaan suplemen asam folat,” imbuh Forman.

Namun Forman mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan temuan tersebut. Dr. Norman M. Kaplan, seorang profesor klinis pada divisi hipertensi di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, menyatakan persetujuannya.

Hipertensi menimpa sekitar 65 juta warga Amerika dan sejumlah besar individu lainnya di dunia.Karena penyakit ini biasanya menyerang tanpa tanda-tanda, makanya sering disebut sebagai “silent killer.” Namun terapi tetap dibutuhkan sebab naiknya tekanan darah menempatkan orang dalam risiko terkena penyakit kardiovaskular dan gagal ginjal.

Folat, yang juga dikenal sebagai asam folat, dibutuhkan untuk pertumbuhan sel secara semestinya dan diduga dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Suplemen asam folat secara luas direkomendasikan untuk perempuan hamil ataupun merencanakan kehamilan.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa folat dapat menurunkan risiko terjadinya cacat bumbung saraf (juga dikenal sebagai spina bifida) hingga 80%. Makanan alami yang kaya folat adalah sayuran berdaun lebar dan berwarna hijau, seperti bayam, semangka, lentil, kacang-kacangan, jeruk, alpukat, asparagus, brokoli, hati sapi, dll.

Selain dapat menurunkan risiko darah tinggi, ternyata folat juga ampuh memperbaiki mood, mencegah depresi, juga mengatasi masalah ingatan (tidak gampang lupa) dan insomnia serta mencegah rambut beruban sejak dini. Disarankan anda perempuan normal (yang tidak hamil) mengonsumsi folat sebanyak 400 mcg atau lebih per hari. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kurus Bisa Redam Risiko Kanker
  2. Tips Aman Saat Donor Darah
  3. Perhatikan Sakit Kepala Anda
  4. Waspadalah! 3 Kanker Berikut Banyak Menyerang Wanita Muda
  5. Makanan Pedas Perangi Kanker
  6. Menstrual Cup, Alternatif Baru Pembalut Wanita
  7. Sebelum Membuat Tato, Ketahui Dulu 5 Akibatnya
  8. Kopi Ternyata Sumber Antioksidan
  9. Pikiran Sehat, Tubuh Ikut Sehat
  10. Waspadai Serangan Radang Usus