Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Begitu bahayanya kelebihan berat badan (overweight) bagi kesehatan seorang gadis muda bisa dilihat dalam pantauan yang dilakukan oleh Dr Douglas R Thompson dari `Maryland Medical Research Institute`, Baltimore (AS). Menurut Dr Thompson, seorang gadis overweight pada usia sembilan tahun sudah mendapatkan resiko itu.

Sejumlah masalah kesehatan yang berkaitan dengan overweight pada gadis berusia sembilan tahun adalah penyakit jantung. Salah satu indikasinya adalah tinginya tingkat aliran darah dan kolesterol bila dibandingkan dengan gadis berusia sama dengan berat badan normal.

Studi yang dipublikasikan melalui `the Journal of Pediatrics` itu merupakan bagian dari kerjasama dengan `the National Heart, Lung and Blood Institute’s Growth and Health Study` yang melibatkan 1,166 gadis Caucasian dan 1,213 gadis African American yang berusia 9 dan 10 tahun. Penelitian dilakukan secara berkaitan selama 10 tahun.

Tim peneliti melakukan pengukuran pada tinggi badan, berat badan, tekanan darah dan kolesterol pertahunnya sampai sang gadis berusia 18 tahun. Secara terpisah dalam beberapa kasus tim melakukan pemantauan sampai sang gadis berusia 21 hingga 23 tahun.

Resiko hubungan oevrweight dengan gangguan kesehatan bagi gadis Caucaian sebesar 7 sampai 10 persen sementara untuk gadis keturunan Afrika Amerika sebesar 17 hingga 24 eprsen. Gadis yang berusia 9 hingga 12 tahun akan memiliki peluang 1,6 kali untuk menjadi overweight.

“Gadis yang mengalami overweight pada masa kanak-kanak akan mengalami resiko 11 hingga 30 kali berisiko obesitas saat memasuki masa remaja,’ jelas Dr Douglas R Thompson. Data juga menunjukan bahwa resiko itu akan membuat sang gadis berisiko terkenan penyakit jantung sehingga usia sembilan tahun diyakini oleh para peneliti sebagai usia yang krusial untuk menentukan masa depan sang gadis.

Dr Thompson mengaku bahwa hasil penelitianya akan menjadi tantangan bagi para medis dan komunitas untuk bisa memberikan inovasi yang efektif untuk memerangi obesitas. Latihan olahraga teratur dan memperbaiki gaya hidup termasuk tidak merokok dan mengkonsumsi minuman keras diyakini bisa menjadi salah satu penghalang berkembangnya overweigt dan obesitas. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mengobati Leukemia dengan Racun
  2. Penderita Diabetes, Hindari Makanan Berbahan Tepung
  3. Kenapa Anda Harus Bersyukur Setelah Bersin?
  4. Memilih Makanan Sehat Saat Makan di Luar
  5. Kenali Antibiotik Anda
  6. Inilah 5 Jenis Penyakit yang Berasal dari Burung
  7. Biasakan Mencuci Tangan dengan Sabun
  8. Teh Chamomile Cegah Kram Menstruasi
  9. Inilah 4 Mitos dan Fakta Tentang Obesitas
  10. Terapi Cryo, Pengobatan Baru Bagi Penderita Kanker