Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah di arteri selalu berada di atas tekanan darah normal. Normalnya tekanan darah seseorang 120/80 mmHg. Namun, hal itu bervariasi menurut umur dan jenis kelamin. Angka yang pertama (120) menunjukan tekanan darah sistolik (dari jantung ke seluruh tubuh), sedangkan angka kedua (80) menunjukan tekanan darah distolik (tekanan darah di arteri ketika jantung beristirahat di antara pompaan jantung). Lalu, bagaimana cara untuk mencegah terjadinya hipertensi pada diri anda?

Pertama, tidak Merokok. Merokok dapat merusak jantung dan sirkulasi darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kedua, merawat berat badan tetap ideal. Perawatan dengan berat badan sehat untuk dewasa dengan body mass index 20-25 kg/m2, yaitu dengan makan yang diet seimbang dan aktif beraktivitas dapat melindungi dari penyakit hipertensi.

Untuk orang over weight, sebaiknya menurunkan berat badan sekitar lima persen sampai sepuluh persen berat badan untuk menurunkan tekanan darah. Berat badan yang ideal juga akan mengurangi dosis pengobatan antihipertensi yang dibutuhkan untuk mengontrol derajat tekanan darah. Kehilangan berat badan memiliki keuntungan kesehatan lain, dapat membantu melindungi anda dari serangan penyakit lain akibat hipertensi yaitu diabetes, kardiovaskular dan kanker.

Ketiga, aktif Beraktivitas. Olah raga teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbesar penurunan berat badan. Kondisi ini juga mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang latihan secara teratur memiliki risiko 50 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung. Aktivitas fisik secara teratur juga dapat mengurangi stress.

Olah raga sebaiknya yang sedang-sedang saja, selama 30 menit sekurangnya lima hari dalam seminggu. Anda dapat melakukan jalan cepat atau berenang. Orang tua dengan hipertensi seharusnya mencegah aktivitas yang melibatkan pernafasan, seperti angkat berat, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Exercise secara rutin diperlukan menjaga kestabilan tekanan darah anda.

Keempat, batasi minum alkohol. Minum alkohol berlebihan tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga menaikkan berat badan anda. Selain itu, mengkonsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan resistensi pada terapi antihipertensi dan berisiko terjadinya beberapa penyakit lain, seperti stroke dan jantung. Saat ini, direkomendasikan minum alkohol dibatasi untuk perempuan tidak lebih dari 2-3 gelas sehari dan laki-laki 3-4 gelas sehari. Namun, lebih baik lagi jika anda tidak mengkonsumsi alkohol.

Kelima, makan sehat dengan diet seimbang. Diet dengan rendah lemak, termasuk makanan produk olahan dengan lemak rendah, buah dan sayur-sayuran dapat menurunkan tekanan darah. Diet ini dengan mengurangi lemak dan kolesterol serta meningkatkan jumlah potassium, magnesium dan kalsium. Mengurangi garam dalam diet anda akan berdampak positif pada kesehatan.

The Scientific Advisory Commitee on Butrition menyimpulkan bahwa asupan sodium adalah faktor penting pada peningkatan tekanan darah pada usia tidak muda lagi. Sumber utama sodium dalam garam. Untuk itu, di seluruh wilayah United Kingdom direkomendasikan mengurangi garam hanya 6 g perhari.

Tidak cukupnya asupan potasium juga dapat meningkatkan tekanan darah. Potasium dapat ditemukan pada daging, pisang, ikan kacang. Selain itu lemak dan kompi jangna dikonsumsi berlebihan. Adapun bawang putih disarankan untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan tekanan darah.

Keenam, mencegah stres dan melakukan relaksasi. Meski stres berlebihan sering menyumbang terjadinya peningkatan tekanan darah, namun banyak teknik untuk meredakan stres agar tidak berdampak hipertensi yaitu dengan relaksasi, meditasi, stretching, yoga, massage atau curhat dengan teman dapat membantu mengurangi stres dan tekanan darah anda. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Ditemukan Gen Pendukung Usia
  2. Beginilah Cara Bintang Film Porno Mencegah Penyakit Seksual
  3. Menikah Membuat Pria Panjang Umur
  4. Inilah Bahaya Balita Jika Gemar Memainkan iPad
  5. Bahaya dan Efek Buruk Mencukur Ketiak
  6. Gimana Sih AIDS Menular?
  7. Ternyata Teh Bahaya Lho
  8. Inilah 3 Penyakit Yang Mengintai Saat Mudik
  9. Kanker, Bisa Di Deteksi Lewat Tes Darah
  10. Lima Kesalahan Besar Diet