Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bagaimana sebenarnya gejala-gejala andropause itu?
Menurut Elmira, beberapa gejala dapat timbul sekaligus dengan derajat keparahan yang berbeda-beda. Seperti halnya menopause, gejala ini lebih cenderung faali, namun karena penderita tak menyadari sebagai gejala datangnya andropause, berakibat pada beban psikologis yang mengganggu pikirannya.

“Penderita akan bertanya-tanya, kenapa kok fisik saya berubah. Apakah saya mulai penyakitan, jantung, ginjal, atau gejala-gejala penyakit lain? Karena tidak dicarikan solusi sesuai dengan sumber sakitnya, akhirnya berdampak pada tekanan psikologis,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Elmira, dapat terjadi perubahan emosional seperti mudah marah (uring-uringan), dan depresi. Dan dapat pula diikuti dengan menurunnya kemampuan intelektual, sakit kepala atau pusing, rasa gerah akibat suhu tubuh naik tiba-tiba dalam waktu singkat dan mengeluarkan keringat berlebihan, serta mudah lelah.

Ini disebabkan menurunnya kekuatan otot, disertai dengan nyeri otot atau nyeri pinggang. Testosteron berpengaruh terhadap perkembangan otot sehingga dengan menurunnya kadar testosteron massa otot akan mengecil dan kekuatannya akan berkurang.

“Kadang-kadang gejala-gejala itu menjadi ciri khas selama kurun 5-10 tahun sebagai masa berlangsungnya andropause atau masa gonjang-ganjing. Hal ini akan menjengkelkan bila tidak dikenali sebagai gejala andropause, jadi akan berdampak pada psikologis,” kata Elmira.

Sementara itu dalam suatu kesempatan seminar dr Boyke Dian Nugraha, SpOG mengungkapkan, saat ini sudah dikembangkan suatu bentuk terapi yang efektif dan tidak menimbulkan rasa sakit bagi para lelaki yang mengalami gejala andropause. Terapi ini dikenal dengan nama Hormon Replacement Therapy, yakni mengganti hormon yang hilang.

Untuk mengetahui dengan pasti hormon apa yang perlu ditambahkan, sebelum melaksanakan terapi perlu dilakukan tes laboratorium terlebih dulu. Testosteron adalah hormon yang paling berperan dalam terjadinya andropause. Kadarnya yang rendah dalam darah sangat memengaruhi kemampuan seksual serta vitalitas pria. Pemberian testosteron dapat dilakukan melalui oral (pil, kapsul), suntikan, krim untuk pemakaian, patch (tempelan di kulit), dan dalam bentuk permen yang diletakkan di bawah lidah.

Obat oral, dalam bentuk pil atau kapsul ini akan melewati metabolisme di hati sehingga kadarnya dalam darah tidak mencukupi. Yang biasa digunakan adalah Testosteron Undecanoat, yaitu testosteron ester yang tidak membahayakan hati dan efektif dalam meningkatkan kadar testosteron sampai kadar normalnya.

Suntikan (injeksi). Biasanya masa kerjanya lama (long acting). Kadar maksimum dalam darah dicapai pada hari ketiga setelah penyuntikan, dan akan hilang secara berangsur-angsur setelah 10 sampai 14 hari. Injeksi ini, walaupun agak sakit penyuntikannya, telah terbukti meningkatkan gairah seks, fungsi seksual, tenaga, kekuatan tulang, dan mood pada lelaki yang mengalami kekurangan androgen.

Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian pada lelaki yang mendapatkan terapi testosteron adalah efek samping pada hati, keadaan lemak darah dan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), prostat, gangguan tidur, dan perilaku sosial serta emosional.

Menurunnya gairah seksual dan kemampuan ereksi, menurut Boyke sering dianggap sebagai konsekuensi logis dari usia lanjut. Hal ini tidak seluruhnya benar. Gairah seksual memang dapat dipengaruhi oleh faktor kejiwaan maupun budaya. Beberapa penelitian menunjukkan adanya perbedaan saat berhentinya aktivitas seksual dan tampaknya hal ini dipengaruhi oleh keterbukaan masyarakat terhadap masalah seksual. Makin terbuka suatu masyarakat, makin lambat berhentinya aktivitas seksual. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 10 Manfaat Hubungan Seksual
  2. Apakah Pria Juga Menopause?
  3. 7 Cara Berikut Efektif Atasi Disfungsi Ereksi
  4. 3 Sebab Lelaki Tidak Subur
  5. Ingin Bayi Lelaki atau Perempuan?
  6. Inilah 7 Hal yang Bisa Merusak Kualitas Sperma Anda
  7. Ternyata Kejantanan Pria Bisa Diketahui Dari Suara
  8. Hati – Hati! Ternyata Miss V Bisa Mengunci Mr P Lho
  9. Berikut Adalah 5 Olah Raga Seks Untuk Pria, Agar Jadi Pejantan Tangguh
  10. Obat Kejantanan Viagra atau Sildenafil Murah Bakal Hadir, Mau?