Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Periksa ke dokter gigi secara rutin jelas banyak manfaatnya. Kesehatan mulut dan gigi terjaga baik, sehingga terhindar dari rasa sakit akibat gigi atau gusi yang bermasalah. Gigi pun awet sampai tua. Haruskah periksa setiap enam bulan sekali?

Kita sering ke dokter gigi hanya ketika gigi dan gusi sudah terlanjur sakit. Tujuannya adalah berobat. Padahal kalau mengikuti anjuran klise “mencegah lebih baik daripada mengobati”, kita tak perlu takut dan “rugi”. Setidaknya, seperti sering dibilang dokter gigi, datanglah memeriksakan diri enam bulan sekali.

Kenali karakter ludah
“Anjuran enam bulan sekali itu pun berasal dari dokter gigi Barat di negeri empat musim. Mereka membuat “aturan” itu agar jadwal kunjungan tak jatuh di musim dingin,” tutur Anton Rahardjo, DDS.M.Sc (PH). Ph.D dari Departemen Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, seperti dikutip dari Intisari.

“Tapi, pemeriksaan gigi dan gusi itu idealnya tergantung kondisi individu, dengan memperhatikan faktor risiko. Makin tinggi faktor risiko akan gangguan gigi dan gusi, harus makin sering memeriksakan diri ke dokter,”  jelas Anton.

Misalnya, orang yang tingkat kesadarannya dalam menjaga kebersihan gigi rendah, kondisi ludahnya kental, dan kandungan kalsiumnya tinggi memiliki tingkat risiko mendapatkan karang gigi yang tinggi. Karenanya, ia mesti lebih sering memeriksakan diri dibandingkan dengan orang lain.

Karang gigi berada di leher mahkota gigi. Kalau sudah sampai dalam, jaringan pendukung gigi akan rusak, gigi pun bisa goyang. Dengan frekuensi pemeriksaan lebih sering, karang gigi, yang menyebabkan gangguan kesehatan gigi dan mulut – akan dapat dicegah munculnya.

Hasilnya, gigi yang sehat, dalam arti tak ada lagi karang gigi yang bercokol, gigi berlubang, gusi meradang atau keganasan penyakit dalam rongga mulut. Juga tak ada bau mulut yang tak hanya berdampak pada kesehatan perorangan, tapi juga ke pergaulan. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Genetis, Faktor Penyebab Migrain
  2. Tertawa Banyak Manfaatnya Untuk kesehatan Anda
  3. 11 Tips Menghindari Radiasi Ponsel
  4. Cuci Tangan Mampu Cegah Diare Pada Balita
  5. 4 Buah Berikut Bisa Lawan Kolesterol Jahat
  6. Soft Drink, Membuat Anda Cepat Tua
  7. Mau Payudara Sehat Dan Indah? Berikut 5 Tipsnya
  8. Tak Ada Obat Mampu Hancurkan Lemak Tubuh
  9. Bakteri Penyebab Kematian Tiba-tiba pada Bayi
  10. Flu Burung akan Jadi Bencana Nasional