Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran sehat. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik, mental, intelktual dan spiritual antara lain dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang. Demikian pesan dr T Rabita Sjafii Ahmad, MPH, Ketua Dharma Wanita Persatuan Departemen Kesehatan dalam seminar tentang Gizi Seimbang di Balai Latihan Kesehatan Depkes, Cilandak,Jakarta.

Dengan bekal pengetahuan tentang gizi, para ibu tidak akan mengalami kesulitan menyusun menu keluarga sehari-hari. Para ibu dapat menyusun menu sesuai kemampuan keluarga dengan memperhatikan cukup jumlahnya dan baik mutunya, lengkap kandungan zat makanannya, seimbang jenis dan variasinya, bersih dan benar pengolahannya serta lezat dan tepat cara memasaknya.

Menurut dr T Rabita Sjafii Ahmad, banyak makanan yang tersedia akan tetapi belum tentu memenuhi syarat kesehatan. Untuk hidup sehat, perlu semua kandungan zat makanan yang dibutuhkan sehari-hari yaitu sumber tenaga utama yang berasal dari karbohidrat seperti nasi, jagung, singkong dan lain-lain. Sumber protein berasal dari lauk-pauk seperti telur, daging tempe, kacanga-kacangan dan lain-lain. Sumber vitamin dan mineral berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu juga membutuhkan zat lemak dan minyak dalam jumlah secukupnya.

Selain memenuhi kebutuhan anak secara fisik melalui asupan gizi, diharapkan para ibu dapat memberikan rasa aman dan kasih sayang, mampu meletakkan dasar-dasar yang fundamental dalam pembentukan watak, sikap dan tingkah laku sesuai dengan norma pergaulan hidup yang baik, juga sebagai pendorong, pengayom dan contoh teladan bagi putra putrinya dan mampu mendidik putra-putri di lingkungan keluarga.

Tak hanya itu, menurut Entos Zainal dari Direktorat Bina Gizi dan Masyarakat Depkes RI, tentang Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat bahwa trend gaya hidup sebagian penduduk saat ini adalah pola makan tidak sehat, kurang beraktivitas fisik yang berakibat pada meningkatnya jumlah orang yang menderita obesitas (kegemukan).

Menurut Entos Zainal ada 13 pedoman umum gizi seimbang diantaranya, makanlah aneka ragam makanan, makanlah makanan untuk mencukupi energi, makanan sumber karbohidrat separo dari energi. Lalu, batasi minyak dan lemak sampai seperempat dari energi dan gunakan garam beryodium. Selanjutnya, makanlah makanan sumber gizi, berikan hanya ASI pada bayi sampai umur 6 bulan, biasakan makan pagi, minum air bersih dengan cukup, lakukan aktivitas fisik, hindari makanan beralkohol dan makan makanan yang aman bagi kesehatan serta bacalah label dalam kemasan makanan. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Darah Haid Bisa Perbaiki Jantung?
  2. Atasi Kanker Serviks dengan Minyak Jelaga & Ramuan
  3. Untuk Awet Muda : Ternyata Sperma Penuh Dengan Gizi!
  4. Kenali 7 Gejala Awal Anda Akan Sakit
  5. Inilah Macam – Macam Alat Kontrasepsi
  6. Berisiko Kanker, Bagi Pekerja Pemakaman
  7. Pilih Normal atau Caesar ? Bayi Lahir Caesar Berisiko Tinggi Asma dan Alergi
  8. Kiat Cegah Sariawan
  9. Hal-Hal Buruk dalam Pola Makan
  10. Bebas Stroke dan Serangan Jantung, Ikuti Tips Berikut