Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kini saatnya anda memandang hunian tidak hanya sebagai kesatuan fisik material tapi juga ruang-ruang yang penuh dengan energi tidak terbatas. Konsep healing environment bisa menjadi salah satu rujukan untuk menciptakan hunian yang nyaman, menenangkan dan menyehatkan bagi keluarga anda.

Istilah healing environment sering disalahartikan sebagai salah satu konsep fasilitas di rumah sakit. Tetapi sebenarnya bukan lahir dari pengobatan modern melainkan dari kesungguhan untuk mengembangkan sisi manusiawi lingkungan anda. Dalam aplikasi desain yang melibatkan dua unsur yakni pengobatan dan panca indera atau five sensing. Healing environment berarti bagaimana menciptakan suasana agar memulihkan kesehatan anda.

Menerapkan desain yang mengacu pada penyembuhan semakin diperlukan bagi anda yang mengikuti kemajuan teknologi dan menyukai segalanya serba instan termasuk ingin lebih cepat lepas dari penyakit. Pada dasarnya tujuan dari proses healing adalah keseimbangan tubuh, pikiran dan jiwa.

Desainnya diarahkan pada penciptaan kualitas ruang agar suasana hunian terasa aman, nyaman tidak menimbulkan stres serta mendorong semangat dan keceriaan. Salah satunya dengan terapi warna karena seluruh tubuh anda secara psikologis sangat peka terhadap warna. Membawa warna ke dalam hunian bisa mengubah atmosfer, feeling dan meningkatkan spirit penghuninya. Tidak hanya warna pada dinding atau plafon tapi juga keseimbangan warna pada funitur, dekorasi dan aksesorisnya.

Hindari penggunaan warna yang menimbulkan suasana menekan seperti putih, hijau atau cokelat (tan). Pilihlah tone yang menyenangkan dan menimbulkan optimisme. Anda bisa wujudkan dengan lively color seperti warna hangat, dingin atau kombinasi seimbang keduanya yang disesuaikan dengan iklim dan orientasi. Seperti apple green, kuning atau biru lembut.

Penyembuhan juga bisa dilakukan dengan terapi sentuh sebagai bagian dari kenyamanan. Furnitur yang mendukung tubuh secara ergonomis akan membuat rileks dan enak. Tekstur pada upholstery sofa di ruang duduk, karpet di bawah kaki dipilih yang dapat memberi rangsang positif bagi indera anda.

Akses ke alam perlu anda perhatikan untuk menstimulus kesehatan dan mengurangi stres. Perbanyaklah view ke arah luar dan taman dengan bukaan jendela. Usahakan cahaya alami bisa masuk ke dalam rumah karena perubahan tingkat terang, warna dan arah cahaya setiap waktu mampu menghasilkan mood berbeda-beda pada ruang.

Pilihlah penataan cahaya buatan di malam hari yang soft seperti warna cahaya kekuningan atau mendekati daylight. Kurangilah penggunaan lampu fluorescent putih karena dapat membuat lelah dan menimbulkan alergi hingga stres.

Prinsip healing environment harus memperhatikan kebutuhan dasar dan hasrat penghuninya untuk mencari arti spiritual dalam lingkungan yang menekan. Tanpa anda sadari pandangan anda semakin terbatas pada layar hp, komputer, tv dan koran. Anda tidak pernah memberi makanan spiritual pada lima panca indera anda.

Bagi anda yang jarang sekali memasuki suasana kebun yang hening bisa diganti dengan merancang taman atau kebun dalam konsep healing garden dalam rumah. Tanamlah beberapa pohon yang bertekstur baik daun, batang dan dahannya. Tampilan daun yang terlihat seperti beludru akan menimbulkan rasa penasaran untuk menyentuhnya.

Manfaatkan tanaman wangi untuk merangsang penciuman seperti kamboja dan melati. Kehadiran suara angin atau burung bisa merangsang pendengaran anda. Sebaiknya anda sediakan tempat minum burung pada pohon untuk mengundang burung singgah pada taman anda. Lengkapi juga ornamen lansekap lain seperti air terjun mini, footpath dengan batu alam juga bisa menghasilkan suara menarik.

Untuk menyegarkan pandangan, anda bisa penuhi view ke arah taman dengan membuat flower bed. Yakni menanam sekelompok tanaman atau bunga yang bisa memberi masa warna yang cantik. Jadi tidak ada salahnya bila anda mencoba untuk merubah tata ruang dalam rumah anda agar kesehatan seluruh keluarga terjaga. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Umbi Keladi Tikus terhadap Sel Kanker Payudara
  2. 15 Manfaat Yoga
  3. Inilah Alasan Air Rebusan Mi Instan Harus Dibuang
  4. Aneka Penyakit Akibat Garam Dapur
  5. Kenapa Payudara Nyeri Jelang Menstruasi?
  6. 7 Tips Agar Anak Kebal Penyakit
  7. Top 4, Masalah Payudara! Dan Jawabannya
  8. Sehat Dengan Makan Daging
  9. Kiat Sehat Perempuan Aktif, part 2
  10. Kolesterol Tak Turun Meski Diet