Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Osteoporosis banyak menimpa mereka yang telah lanjut usia, terutama bagi perempuan yang mengalami menopause dimana terjadi penurunan hormon estrogen. Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi lebih rapuh dan dengan trauma yang ringan saja dapat mengakibatkan patah tulang.

Banyak orang yang mengalami osteoporosis, tapi tidak menyadarinya. Biasanya baru diketahui setelah patah tulang terjadi, yang memerlukan biaya pengobatan yang mahal dan waktu penyembuhan yang lama. Tapi dengan melihat kesehatan gigi dan mulut, maka dapat mendeteksi adanya osteoporosis dini.

Kesehatan gigi dan mulut ini meliputi apakah ada gigi yang hilang, apakah gusi menempel pada gigi dan apakah gigi masih tersusun dengan baik. Bila ditemukan adanya gangguan pada gigi dan gusi, maka sebaiknya dilakukan pemeriksan ronsen gigi untuk memastikannya, apakah memang benar telah terjadi kerapuhan tulang atau osteoporosis.

Untuk penderita osteoporosis, kesehatan gigi dan mulut harus dijaga dengan baik. Usahakan memeriksakan gigi secara teratur tiap 3 – 4 bulan. Disamping itu, untuk konsumsi kalsium dan vitamin D, hindari rokok, batasi kafein dan minuman beralkohol serta berolahraga secara teratur. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Amanakah Makanan dan Minuman dalam Kemasan ?
  2. Kurangi Risiko Kanker Dengan Cabai
  3. Inilah 5 Kesalahan Saat Berdiet
  4. Buah Pisang Kaya Mineral
  5. Kopi Ternyata Sumber Antioksidan
  6. Inilah 4 Fakta Saat Menyusui
  7. Susu Murni Diduga Kurangi Resiko Asma
  8. Lindungi Tubuh dari Penyakit Dengan 9 Cara Berikut
  9. Krisis Obat, Nyawa ODHA di Bali Terancam
  10. Makanan untuk Perlindungan Mata