Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bau tidak sedap yang keluar dari tubuh seringkali membuat anda merasa kurang percaya diri. Mengenakan busana yang terlalu ketat juga akan memicu timbulnya aroma yang tidak sedap. Jika ketiak anda terluka saat mencukurnya pun akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Karena luka tersebut akan menjadi sasaran empuk bagi bakteri dan jamur bersarang pada lipatan tubuh dan akan menebarkan bau yang tidak sedap.

Sebenarnya berkeringat merupakan usaha untuk mengukur suhu tubuh anda. Keringat mengandung air, garam dan zat sisa dari dalam tubuh. Ada keringat yang mengeluarkan bau tetapi ada juga yang tidak. Biasa bau yang tidak sedap akan datang bersama bau badan yang disebabkan oleh aktivitas bakteri.

Ada dua jenis kelenjar penghasil keringat yaitu apokrin dan eksokrin. Kelenjar aprokrin pada daerah ketiak mengandung sejumlah protein dan zat gula yang juga dapat dipecahkan oleh bakteri yang menghasilkan bau seperti amonia. Pada orang tertentu, kelenjar aprokrin bekerja lebih aktif melawan bakteri sehingga memproduksi cairan kental yang banyak, keruh yang disertai bau asam.

Untuk menekan timbulnya bau badan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Yang pertama adalah mandi dengan sabun anti bakteri, paling sedikit sekali sehari. Cara ini akan membuang keringat yang basi dan mengontrol pertumbuhan bakteri.

Yang kedua adalah membersihkan daerah ketiak, puting susu, lipatan paha dan tempat-tempat yang banyak mengandung kelenjar keringat. Terakhir adalah menggunakan deodoran dan antiperspiran untuk mengontrol bau badan.

Deodoran dapat membunuh bakteri penyebab bau, sedangkan antiperspiran merupakan bahan yang menghambat pengeluaran keringat. Komponen yang biasa digunakan pada antiperspiran adalah aluminum klorohidrat. Tetapi bagi sebagian orang, komponen tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit terutama pada kulit yang rusak akibat pencukuran bulu ketiak.

Penggunaan deodorant dan antiperspiran alami sudah dikenakan oleh sejak dari dulu. Pembuatan deodorant roll-on biasa disertakan bunga arnica yang mengandung vitamin E yang dapat menyehatkan kulit serta mengurangi bau. Para produsen juga mulai memasukkan minyak esensial seperti ylang-ylang, chamomile dan calendula (yang sangat baik untuk kulit sensitif) dan bekerja sebagai anti bakteri serta antiseptik. Bahan lain yang digunakan adalah baking soda dan tanah liat (purifying clay), yang dapat menyerap bau.

Tuntaskan bau badan dari dalam. Bau badan yang sangat menusuk hidung bisa menjadi indikasi bahwa kondisi kesehatan seseorang sedang menurun. Jika hal ini terjadi pada anda maka sebaiknya anda segeralah pergi ke dokter. Alternatif lain yang harus anda lakukan dengan mengubah pola makan ke arah alami sebagai usaha menangkis kekuatan bahan kimia yang terkandung dalam deodoran.

Untuk menghilang bau badan anda sebaiknya anda konsumsikan makanan alami seperti sayur dan buah, makanan tanpa pewarna dan tanpa pengawet. Sebaiknya anda juga menghindari makanan yang mengandung susu (dairy product) seperti keju dan mentega atau makanan-makanan lain yang tidak dapat dicerna dengan baik. Karena menurut penelitian, mereka yang senang mengkonsumsi makanan berprotein tinggi akan cenderung mengeluarkan bau badan yang tak sedap, daripada mereka yang melahap sayuran.

Jagalah kebersihan filter tubuh. Bau badan yang berlebihan bisa disebabkan juga oleh bakteri dan jamur yang tumbuh dan berkembang pada sistem pencernaan anda. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula (baik olahan, artifisial maupun jus buah) yang berlebihan juga dapat menjadi ancaman bagi tubuh anda. Jadi imbangilah imbangi asupan gula dan konsumsi sayuran yang mengandung antibakteri dan antijamur.

Bau badan yang berasal dari ketiak maupun dari pernafasan menandakan bahwa ada racun di dalam tubuh. Jadi semua filter tubuh seperti usus, sistem limfa, kulit, ginjal dan paru-paru harus selalu dijaga kebersihannya.

Cara menghilangkan bau badan yang paling efektif adalah dengan menjalani terapi cuci usus (pemberian nutrisi, herba dan pencucian usus), mengaktifkan limfa atau getah benihg (lymphatic self massage, olahraga dan pemberian herba) serta berlatih teknik-teknik pernapasan, seperti yoga atau meditasi. Selamat mencoba. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 6 Faktor Penyebab Penuaan Dini
  2. Wewangian Cologne Kaum Adam
  3. Natural nan Simpel
  4. Manikur Praktis Ala Rumahan
  5. Inilah Yang Harus Anda Ketahui Tentang Produk dan Bisnis Oriflame
  6. Kontroversi Seputar Produk Perawatan Kulit, Tabir Surya
  7. Diet Untuk Pemula
  8. Tonjolkan Kaki Mulus Anda
  9. 6 Cara Tunda Penuaan Wajah
  10. Perawatan Rutin untuk Wajah