Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Lintah untuk pengobatan memang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Biasanya dulu lintah dipakai untuk menghilangkan rasa sakit dan juga untuk mengeluarkan darah. Tetapi karena pengobatan modern berkembang dan banyak obat pengobat rasa sakit ditemukan, maka peran lintah berangsur-angsur berkurang.

Hasil studi yang dilakukan para peneliti di Jerman menunujukkan bahwa lintah diakui bisa mengobati rasa sakit dan juga radang. Bahkan pasien yang menderita Osteatritis pun bisa menggunakan lintah untuk mengobatinya. Penelitian yang dipimpin Dr Gustav Dobos di klinik Essen-Mitte, Jerman melakukan percobaan terhadap 10 pasien dengan rata-rata usia 68 tahun. Kebanyakan pasiennya menderita sakit lutut selama enam terus menerus.

Para dokter meletakkan empat ekor lintah di daerah lutut yang sakit dan dibiarkan selama satu jam 20 menit. Rasa sakit diukur tiga hari sebelum perawatan dilakukan dan 28 hari setelah selesainya perawatan. Pengaruh dari perawatan ini bisa diketahui setelah 24 jam kemudian, tetapi bisa dipastikan hasilnya setelah empat minggu. Dalam laporannya, para pasien mengaku rasa sakit mereka berkurang akibat dari gigitan lintah tersebut. Dan hebatnya, tidak ada efek samping yang ditimbulkannya, misalnya infeksi atau apa pun.

Sementara pasien lain yang diberi perawatan secara konvensional (medis) tidak merasakan adanya perbedaan, merasa tidak berkurang rasa sakitnya. Menulis di jurnal Annals of the Rheumatic Diseases, Dobos menyatakan: “Kami nyatakan bahwa hasil dari penelitian ini sangat luar biasa. Perawatan dengan lintah menghilangkan rasa sakit secara signifikan setelah tiga hari dan meningkat empat minggu kemudian.” (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil
  2. Soft Drink, Membuat Anda Cepat Tua
  3. Ternyata Vagina Bisa Varises, Waspadalah!
  4. Posisi Tidur Juga Pengaruhi Kesehatan Anda
  5. Sehat Dengan Makan Daging
  6. Jangan Duduk Bersilang Kaki
  7. Inilah 4 Prinsip Penularan HIV
  8. Petunjuk Kesehatan Jelang Persalinan
  9. Ratusan Bakteri Ada di Kulit Anda
  10. Di China Kanker Bisa Disembuhkan