Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Inilah 3 Tips Agar Sweater Tak Mudah Longgar Saat Dicuci. Jika terlalu sering digunakan, busana berbahan rajut seperti sweater biasanya cepat menjadi longgar. Akibatnya, sweater jadi kurang nyaman digunakan dan bentuknya jadi tidak cantik lagi. Sayang bukan, kalau sweater ini tak dapat dipakai lagi hanya karena bahannya sudah melar. Untuk mencegahnya melar, perhatikan cara Anda mencucinya.

1. Cuci dengan air panas
Tak seperti jenis pakaian lainnya, sweater berbahan wol atau rajut harus dicuci dengan menggunakan air panas. Pencucian dengan menggunakan air dingin dan digosok dengan dengan kuat akan membuat sweater jadi mudah melar dan longgar.

Hindari juga mencuci bahan sweater dengan mesin cuci. Rendam beberapa saat sweater rajut ini dengan air panas selama beberapa saat, agar kembali ke bentuk semula.

2. Keringkan dengan pemanas
Proses pemanasan menyebabkan sweater menyusut kembali ke ukurannya semula. Sebisa mungkin, setelah dicuci dengan air panas, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung agar sisa air yang ada di dalam kain bisa hilang sempurna dan tidak membuatnya melebar. Namun, jangan menggantung sweater yang masih basah dengan hanger. Sweater yang berat karena masih basah juga akan membuatnya melar. Sangkutkan saja langsung di tali jemuran.

Jika mau, Anda juga bisa menggunakan alat pengering rambut untuk menghilangkan sisa airnya. Setelah setengah kering, gunakan pengering rambut untuk membantu penyusutan bahan setelah pencucian.

3. Gunakan setrika uap
Sekalipun panas bisa membantu penyusutan bahan, namun setrika yang terlalu panas bisa merusak bahan. Gunakan setrika uap untuk menggosok bahan ini agar sweater tidak rusak.

Sumber: Real Simple, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Intip Tren Busana Sepanjang 2009
  2. Tips Menyimpan Baju Lama Agar Tetap Awet
  3. Pashmina – Kolaborasi Apik Oriflame dan Sebastian Gunawan
  4. Tips Memilih Jeans Yang Baik dan Benar
  5. Beginilah Cara Membedakan Tas Asli atau Palsu
  6. Gaun Bisa Bercahaya Ketika Ponsel Berdering
  7. Inilah Cara Merawat Kemeja agar Tetap Putih
  8. Ketahui Tipe Pria Dari Celana Dalamnya
  9. Inilah Trend Aksesoris Wanita di Pertengahan 2010
  10. Tips Agar Sepatu High Heels / Hak Tinggi Nyaman Di Kaki