Pulpen Promosi


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Dalam masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan makanan dan cairan yang cukup sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Namun asupan makanan dan cairan ini otomatis akan berkurang saat mereka berpuasa.

“Salah satu masalah yang sering dialami anak saat berpuasa adalah dehidrasi. Ini harus diatasi agar tidak mengganggu aktivitas, konsentrasi, dan kesehatan anak,” tukas pakar nutrisi Emilia Achmadi, MS, RD, dalam media gathering bersama Mead Johnson, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dehidrasi sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi banyak cairan setelah seharian berpuasa. Idealnya dalam satu hari, cairan yang masuk ke dalam tubuh adalah delapan gelas. Namun, seringkali orang tua mengalami kesulitan untuk memberi asupan cairan tambahan pada anak.

“Setelah berbuka, biasanya anak hanya akan minum sedikit air yang belum bisa mencukupi kebutuhan cairan hariannya. Selain itu, memberi minum berlebihan pada anak akan membuat perut kembung,” tukasnya.

Untuk mengatasi dehidrasi pada anak, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa diberikan:

1. Es loli
Anak-anak sangat suka menikmati es loli. Sayangnya, es loli yang banyak dijual di pasaran memiliki kandungan yang tidak cukup sehat bagi anak. Agar menarik anak untuk minum lebih banyak, buat saja es loli sendiri di rumah. Kreasikan es loli buatan Anda dengan tambahan buah-buahan yang manis. Atau agar tampilannya lebih cantik dan berwarna, gunakan jus buah yang dibekukan dengan tambahan buah segar. “Warna yang menarik, dan rasanya yang manis, akan membantu menarik perhatian anak-anak,” bebernya.

2. Jeli
Agar-agar atau jeli yang kenyal akan membantu anak menambah asupan cairan di tubuhnya. Selain mengandung air yang tinggi, kandungan serat dari rumput laut (bahan baku agar-agar) juga bisa membantu melancarkan pencernaan anak-anak.

3. Sup
Agar terhindar dari dehidrasi makanan, yang paling baik disajikan saat berbuka adalah makanan yang mengandung banyak air, seperti sup. “Konsumsi sup akan membantu meningkatkan cairan tubuh anak, bersamaan dengan waktu makan, sehingga mereka tidak akan merasa seperti terpaksa untuk minum banyak air,” jelasnya.

4. Hindari produk botolan
Konsumsi garam atau makanan yang gurih akan membuat anak mudah merasa haus. Sebaiknya saat berpuasa, kurangi mengonsumsi berbagai produk botolan seperti kecap, saus, dan lain-lain. Produk botolan ini mengandung banyak garam, sehingga akan berpotensi membuat anak dehidrasi. Perbanyak penggunaan aneka bahan alami yang tidak mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga jadi lebih sehat.

sumber: kompas.com

Sela waktu dikantor, isi dengan berTrading Forex di Marketiva

1. Membuka Account Gratis. Daftar Disini!
2. Mendapat $5 Gratis.
3. Hanya dengan $1 sudah bisa bertrading.
4. Keamanan yang cukup bagus.
5. Memperoleh Software untuk bertrading secara real time.
6. Tersedia support berbahasa melayu.
7. Mendapatkan uang virtual, untuk latihan trading.

Tutorial 1 | Tutorial 2 | Tutorial 3 | Tutorial 4 | Tutorial 5
Tutorial 6 | Tutorial 7 | Tutorial 8 | Tutorial 9 | Tutorial 10

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Membahasakan Tangis Bayi
  2. Hindari Makanan Berikut Selama Menyusui
  3. 5 Tips Mengasuh Bayi Tanpa Babysitter
  4. Perkembangan Bayi Setelah Lahir Dari Bulan Ke Bulan
  5. Gangguan Autis Pada Anak
  6. Inilah 4 Kesalahan Ortu Terhadap Anak
  7. Inilah Tips Memberikan Tugas Rumah Sesuai Usia Anak Anda
  8. Inilah 25 Kata – Kata yang Wajib Dikuasai Buah Hati Anda / Balita
  9. 7 Cara Menjawab Pertanyaan Seputar Seks Dari Anak Anda
  10. Tips Ketahui Kelamin Bayi Tanpa USG