Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Pria dan wanita yang lebih tua adalah yang paling berisiko mengalami deep vein thrombosis (DVT). Wanita yang lebih muda juga mungkin rentan, terutama selama tahun-tahun setelah melahirkan anak. Namun tentunya ada cara yang dapat dilakukan agar tehindar dari penyakit tersebut.

DVT adalah bekuan darah (trombus) yang berada di vena yang dalam, biasanya di kaki. Gumpalan darah dapat terbentuk di vena superfisial dan di vena yang dalam. Pembekuan darah dengan peradangan pada pembuluh darah superfisial atau yang disebut dengan tromboflebitis superfisial atau flebitis jarang menyebabkan masalah serius.

Tetapi gumpalan di pembuluh darah dalam memerlukan perawatan medis segera. Kira-kira bagaimana untuk mencegah bekuan darah untuk menghindari DVT?

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bekuan darah untuk menghindari penyakit DVT seperti dikutip dari Health, antara lain:

1. Bergerak
Ketika terjebak dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama, darah dapat menumpuk pada kaki. Setiap 1-2 jam, maka sebaiknya bangun dan berjalan-jalan.Hal tersebut terutama harus dilakukan oleh orang-orang yang bekerja dengan duduk sepanjang hari.

2. Hidup sehat
Bagi perokok, maka sebaiknya berhenti merokok. Selain itu, juga perlu untuk menjaga berat badan agar tetap dalam rentang normal. Minum banyak air juga dapat menurunkan risiko penggumpalan darah.

3. Hati-hati dengan obat-obatan tertentu
Konsumsi pil kontrasepsi dapat meningkatkan risiko DVT, yang berarti mungkin bukan pilihan yang tepat untuk mengonsumsi pil kontrasepsi jika memiliki faktor risiko. Faktor risoko DVT, dapat termasuk kecenderungan genetik untuk pembekuan atau riwayat keluarga yang telah mengalami DVT, atau merokok.

4. Mengetahui tanda dan gejala
“DVT bisa menjadi sulit untuk ditemukan karena beberapa gejala dapat merupakan tanda adanya masalah lain juga,” kata Roger Maxfield, MD, seorang pulmonologist dan profesor klinis kedokteran di Columbia University Medical Center.

Carilah rasa sakit, bengkak, dan kemerahan atau perubahan warna di satu kaki, mungkin juga akan mengalami rasa hangat pada kulit di daerah yang terkena. Sesak napas tiba-tiba yang tidak dapat dijelaskan adalah tanda peringatan yang paling umum bahwa gumpalan darah telah melakukan perjalanan ke paru-paru.

5. Lebih proaktif
Jika memiliki cedera atau akan melakukan operasi, maka berkonsultasilah dengan dokter mengenai cara mencegah DVT. Dan jika telah mengalami salah satu gejala DVT, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Beritahu perawat jika sedang mengonsumsi pil kontrasepsi, atau jika pernah berada di perjalanan pesawat yang panjang, atau jika pernah menjalani operasi atau cedera dalam 8 minggu sebelumnya.

sumber: detik.com

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Tanda – Tanda Anda Terkena Penyakit Menular Seksual (PMS) & HIV/AIDS
  2. Inilah 10 Mitos dan Fakta Tentang Kanker Payudara
  3. Cara Langsing : Inilah 7 Rahasia Langsing Perempuan Jepang
  4. Foto Aura Bisa Deteksi Kesehatan Anda
  5. Cara Cepat Hamil, Hindari 4 Gaya Hidup Berikut Ini
  6. Khitan Mampu Cegah Penularan AIDS
  7. Parasit Pengganggu Kehamilan Anda
  8. Inilah 5 Cara Tepat Memilih dan Menggunakan Pembalut
  9. Hati-Hati dengan Bahaya Plastik! Pelajari Sebelum Terlambat.
  10. Apakah Anda Pelupa? Inilah 3 Penyebabnya