Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Home sweet home sebuah pernyataan dalam bahasa Inggris yang dalam garis besar berartikan rumahku istanaku. Setiap orang pasti mendambakan sebuah tempat tinggal yang membuat rasa kangen itu hadir setiap saat. Banyak orang pun memilih untuk membangun rumah sendiri daripada melalui pengembang, berharap rumah yang akan ditinggali sesuai dengan selera. Dalam membangun rumah, tentu merencanakan angaran adalah suatu hal penting. Anda dapat mengetahui perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan melalui rancangan anggaran tersebut. Berikut ada beberapa langkah yang dapat ditempuh sehingga Anda dapat berhemat ketika membangun rumah.

Gunakan Jasa Arsitek
Penggunaan jasa arsitek bertujuan untuk menghemat waktu serta menghindari kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi sehingga biaya yang Anda keluarkan pun tidak akan membengkak. Sebelum membangun rumah, diskusikan semua hal dengan arsitektur, mulai dari desain keseluruhan, bentuk ruangan, luas kamar, tinggi langit-langit rumah, hingga hal kecil lainnya. Anda perlu memikirkan dengan matang apa saja yang ingin Anda bangun. Perubahan saat membangun atau bahkan setelah membangun tentunya akan menguras kantong Anda lebih dalam.

Manfaatkan Diskon
Sebelum membangun rumah, kunjungilah pusat-pusat perbelajaan di sekitar Anda yang menjual beraneka macam bahan bangunan. Jika ada program diskon, manfaatkan diskon tersebut sebaik mungkin. Meskipun diskon yang ditawarkan tidak terlalu besar, namun bila Anda membeli dalam jumlah banyak maka diskon tersebut akan mengurangi pengeluaran Anda. Sisa uang tersebut dapat Anda gunakan untuk mmebeli keperluan rumah lainnya baik itu untuk membeli wallpaper atau menambah furnitur baru. Bank-bank di Indonesia juga sering menawarkan diskon menggunakan kartu kredit. Nah, gunakan momen ini untuk mendapatkan potongan harga serta poin reward atas pembelanjaan Anda.

Mempekerjakan Tenaga Kerja yang Handal
Jangan terlalu terburu-buru untuk langsung setuju dan memilih tenaga kerja yang tinggal di daerah perkotaan tanpa membandingkan tarif jasa serta pengalaman bekerja. Tarif tenaga kerja ini biasanya jauh lebih mahal dengan kuli bangunan yang tinggal di pinggir atau luar kota. Anda bisa meminta bantuan teman atau kerabat Anda yang pernah membangun rumah atau merenovasi rumah. Mintalah rekomendasi kuli bangunan yang pernah mereka rekrut, sehingga Anda tahu bagaimana hasil kerja mereka serta biaya yang perlu Anda keluarkan nanti.

Gunakan Ruangan Multifungsi
Buat sebuah ruangan yang multifungsi di rumah Anda. Hal ini tentunya dapat menghemat pengeluaran untuk membangun rumah Anda. Dengan jumlah ruangan yang semakin sedikit, maka biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan bangunan akan semakin sedikit pula. Anda dapat menyulap ruang tamu yang sekaligus dapat berfungsi sebagai ruang keluarga. Selain itu, Anda bisa membuat dapur yang menjadi satu dengan ruang makan. Gunakan furniture atau perabotan rumah tangga yang multifungsi seperti meja yang dibawahnya tersimpan kursi atau tempat duduk yang dapat ditarik saat dibutuhkan.

Pilih Desain Rumah yang Minimalis
Konsep rumah yang minimalis akan membuat rumah Anda menjadi sederhana dan minim biaya, namun juga dapat menjadikan rumah Anda berkualitas tinggi. Salah satu keuntungan menggunakan desain minimalis adalah penggunaan bahan bangunan yang sangat efisien, hemat ruang serta biaya. Rumah yang minimalis memiliki kesan sederhana namun tetap modern dan mewah. Anda dapat melihat tren properti sekarang ini banyak yang memilih desain minimalis sebagai model rumah mereka. Selain karena bentuk bangunannya yang simpel, desain minimalis juga telah terbukti lebih hemat dari segi biaya pembangunannya.

Sumber : rumah123.com