Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Saat mandi, Anda melihat ada banyak helai rambut mengalir bersama air. Anda melihat ke cermin, dan melihat rambut Anda menipis banyak.

Jika ini terjadi pada Anda, Anda tidak sendiri. Genetika dan gaya hidup berperan dalam hal ini. Kita tidak bisa mengubah gen kita tapi bisa mengubah pola hidup agar lebih bersahabat dengan rambut. Inilah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penipisan rambut.

Kurangi stres
“Tekanan psikososial yang signifikan dapat mengakibatkan rambut rontok,” jelas Dr Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian dermatologi klinis di Mount Sinai Hospital di New York City.

Stres bisa memicu fenomena yang disebut telogen effluvium, yaitu saat rambut masuk fase “istirahat” ditandai dengan kerontokan dalam jumlah cukup banyak.

“Ini bisa terjadi setelah prosedur pembedahan besar,” jelas Dr. Zeichner.

Teknik manajemen stres adalah kuncinya. Anda bisa memilih, apakah lebih suka meditasi, yoga, atau olahrga di gym.

Perhatikan apa yang Anda makan
“Protein sangat penting untuk rambut yang sehat,” kata Dr Zeichner. “Pilih daging rendah lemak seperti, ikan, unggas dan kacang-kacangan.

Zat besi juga penting. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan anemia menyebabkan rambut rontok.

Biotin, seng dan magnesium juga diperlukan untuk pertumbuhan rambut sehat.

Konsumsi suplemen
Konsumsi suplemen alami yang dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dapat membantu. Multivitamin juga dapat mendorong pertumbuhan rambut, kata Dr Zeichner.

Gunakan pengobatan topikal
Satu-satunya pengobatan topikal yang telah disetujui oleh FDA untuk rambut rontok adalah minoxidil. Minoxidil membantu memperpanjang tahap pertumbuhan aktif rambut dan memerlancar suplai oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

Cobalah minyak esensial
Sebagai alternatif lain, minyak esensial mungkin patut dicoba. Dalam sebuah penelitian kecil, pasien areata alopecia yang diberi terapi pijat rosemary, peppermint, thyme, dan lavender dengan campuran jojoba atau minyak biji anggur pada kulit kepala mereka setiap hari, mengalami perbaikan pertumbuhan rambut hingga sebesar 44 persen.

Rawat rambut Anda dengan hati-hati
Cara lain untuk memertahankan helai demi helai rambut Anda adalah dengan memerlakukan mereka dengam lembut. Hindari menyisir dengan gerakan kasar.

Enyahkan ketombe Anda
Ketombe juga bisa menyebabkan rambut rontok. “Rasa gatal membuat Anda menggaruk-garuk dan akhirnya terjadi pengelupasan kulit kepala dan peradangan.”

Hasil akhirnya, rambut berguguran. Coba gunakan sampo ketombe yang banyak dijual di apotik atau supermarket untuk mengenyahkan ketombe Anda.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Tips Aman, Nyaman, Terbang Dengan Anak Anda
  2. Sulit Bernafas di Masa Hamil
  3. Trend Perona Pipi Warna Tua
  4. Kiat Tampil Cantik di Foto
  5. Manfaat Buah dan Sayuran
  6. Pengharum Masakan Gunakan Akar Ketumbar
  7. Perawatan Khusus Mata Anda
  8. Problem Seks dalam Pernikahan
  9. Kenali Tanda saat Makanan Kadaluarsa, Berikut : Daging, Ayam, Telur
  10. Tips Merawat Organ Khas Perempuan